Berikut bukan pengetian mosi adalah

berikut bukan pengetian mosi adalah
a. isu yg sedg berkembang di masyarakat
b. masalag yg bersifat 2 sisi
c. hal yg dpt diperdebatkan
d. permasalahan yg menimbukan perbedaan persepsi
em masalah yg harus diselesaikan

Jawabannya adalah E.

Perhatikan penjelasan berikut, ya.

Debat adalah proses saling bertukar pendapat untuk membahas suatu isu dengan masing-masing pihak yang berdebat memberi alasan.

Salah satu unsur dalam debat adalah mosi. Mosi adalah isu, permasalahan, hal, tema, atau topik yang menjadi bahan debat. Mosi biasa berupa satu kalimat utuh, minimal berisi subjek, predikat, dan objek.

Kriteria mosi yang baik adalah sebagai berikut.
1. Permasalahan debat harus memiliki kemenarikan untuk peserta debat. Kriteria ini menunjukkan bahwa mosi yang diangkat dalam debat merupakan mosi yang sedang populer atau sedang hangat dibicarakan.
2. Permasalahan perdebatan harus memiliki kejelasan dalam ruang lingkup gagasannya. Kriteria ini menunjukkan bahwa mosi dalam debat memiliki batasan yang jelas agar tidak menjalar ke hal di luar dari mosi yang ditentukan.
3. Permasalahan debat harus sesuai dengan kebutuhan dan pengetahuan peserta debat. Kriteria ini dimaksudkan agar mosi yang dipilih dalam debat merupakan hal yang urgen dan dapat dipahami atau tidak menyimpang dari penguasaan peserta debat.

Berdasarkan penjelasan di atas, yang bukan pengertian mosi adalah masalah yang harus diselesaikan. Hal ini dikarenakan mosi dalam debat berupa isu, permasalahan, hal, tema, atau topik yang menjadi bahan debat yang tidak harus diselesaikan, tetapi dicarikan solusi atau jalan keluar.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.

Semoga membantu 🙂