fbpx

Tema: Wacana Road Bike Boleh Memasuki Tol Mosi: Adanya wacana dari Gubernur Jakarta mengenal diperbolehkannya road bike memasuki tol yang dirasa sangat membahayakan.

Tema: Wacana Road Bike Boleh Memasuki Tol

Daftar isi : hide

Mosi: Adanya wacana dari Gubernur Jakarta mengenal diperbolehkannya road bike memasuki tol yang dirasa sangat membahayakan.

Moderator: Selamat pagi dan selamat datang untuk seluruh peserta debat pada hari ini. Debat kali ini akan membahas sebuah topik mengenal Wacana Road Bike Boleh Memasuki Tol. Pada kesempatan ini, kita akan membahas mengenai bahayanya bagi para road bike apabila wacana tersebut direalisasikan karena tidak ada yang menjamin keselamatan ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Bagaimana Anda menanggapi hal tersebut?

Tim Afirmasi: Kami setuju dengan adanya wacana road bike boleh memasuki tol. Hal ini dikarenakan animo masyarakat yang menggunakan sepeda semakin tinggi. Tingginya animo masyarakat tersebut menjadikan pemerintah perlu mewadahi sekaligus memberikan kesempatan kepada para road bike untuk dapat menggunakan ruas jalan tol. Selain itu, pemerintah juga akan mengatur waktu dan jalur yang nantinya dapat dilalui para road bike. Aturan yang disiapkan adalah para road bike dapat memasuki tol hanya pada hari Minggu pukul 06.00-09.00 WIB. Jalur yang rencananya akan digunakan hanya jalan tol di sisi barat dari Kebon Nanas sampai Plumpang. Tanjung Priok, Aturan-aturan tersebut tentunya tidak akan mengganggu lalu lintas lain. Oleh sebab itu, wacana mengenai diperbolehkannya para road bike memasuki tol perlu segera direalisasikan.

Tim Oposisi: Kami tidak setuju apabila pemerintah memperbolehkan road bike memasuki tol. Hal ini dikarenakan sejak awal jalan tol dibuat khusus untuk kendaraan roda empat atau lebih. Apabila wacana tersebut direalisasikan justru dapat memberikan dampak negatif kepada para road bike. Dampak negatif yang dapat dialami oleh road bike adalah mengenai keselamatan. Selain itu, wacana ini sepertinya terlalu tergesa-gesa untuk dibuat. Hal ini karena dasar dari pembuatannya hanya karena animo masyarakat dalam bersepeda meningkat. Membuat sebuah wacana mengenai hal semacam ini seharusnya perlu dipertimbangkan dengan baik. Lebih dari itu, diperlukan kajian terlebih dahulu mengenai manfaat dan dampaknya. Apabila lebih banyak manfaatnya dari pada dampaknya maka dapat dilakukan. Akan tetapi, apabila lebih banyak dampaknya maka tidak perlu dibuat wacana apalagi direalisasikan.

Tim Netral: mengurangi animo masyarakat dalam bersepeda. Banyak para pesepeda yang nantinya ingin melewati road bike tol yang diperbolehkan. Selain itu, tentu saja ada yang tidak ingin melewati jalur tersebut. Pesepeda dapat menentukan sendiri jalur yang akan dilewatinya selama jalur tersebut diperbolehkan untuk dilewati. Dalam melewati jalur tersebut, para pesepeda seharusnya telah paham mengenai kelebihan dan kekurangan jalur yang dilewatinya. Hal tersebut kembali kepada keputusan pengguna jalan itu sendiri.

Buatlah simpulan debat dari teks tersebut. .

Simpulan dari debat tersebut adalah Wacana road bike memasuki jalan tol harus dipikirkan sematang mungkin, selain sebagai bentuk apresiasi terhadap pesepeda, tentu saja hal ini juga harus dipertimbangkan positif negatifnya dari segala sisi, tidak hanya bagi pesepada tetapi juga bagi pengguna lainnya.

Untuk dapat memahami alasannya, simak pembahasan berikut.

Debat menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk membahas atau mempertukarkan pendapat terkait suatu hal dengan saling menyampaikan argumentasi atau alasan dengan tujuan mempertahankan pendapat bahkan memenangkan pendapat.

Simpulan adalah keputusan yang diambil dari cara berpikir baik secara deduktif maupun induktif dari suatu gagasan atau pembahasan. Selain itu simpulan juga dapat diartikan sebagai pendapat terakhir yang bersifat komprehensif dari sebuah teks/pembicaraan yang dapat memberikan informasi kepada pembaca/pendengar secara singkat.

Berikut langkah-langkah membuat kesimpulan:
1. Baca teks dengan saksama untuk memahami isinya.
2. Catat ide pokok dalam teks.
3. Tulis kembali berbagai pokok pikiran dengan susunan kalimat sendiri dengan ringkas berisi informasi yang ditulissecara jelas serta runtut.

Mosi teks debat di atas adalah wacana road bike melewati jalan tol. Tim afirmasi mengganggap wacana ini harus segera direalisasikan sebagai apresiasi animo masyarakat. Menurut tim afirmasi pemerintah perlu mewadahi sekaligus memberikan kesempatan kepada para road bike untuk dapat menggunakan ruas jalan tol. Berbeda dengan tim afirmasi, tim opisisi tidak setuju dengan wacana ini. Alasan yang dikemukan tim oposisi adalah dampak negatif kepada para road bike, yaitu keselamatan mereka karena pada dasar jalan tol diberlakukan untuk kendaraan roda empat. Tim netral menyampaikan pendapatnya bahwa wacana ini bisa saja direalisasikan dengan menyerahkan kembali kepada pesepeda untuk memilih jalur yang akan dilalui, yang terpenting adalah para pesepada sudah memahami mengenai kelebihan dan kekurangan jalur yang dilewatinya.

Berdasarkan penjelasan tersebut, simpulan teks di atas adalah Wacana road bike memasuki jalan tol harus dipikirkan sematang mungkin, selain sebagai bentuk apresiasi terhadap pesepeda, tentu saja hal ini juga harus dipertimbangkan positif negatifnya dari segala sisi, tidak hanya bagi pesepada tetapi juga bagi pengguna lainnya.

Semoga membantu.