Pada saat musim hujan, dimana mana seringkali terjadi banjir. Salah satu yang harus kalian perhatikan saat terjadinya banjir di rumah adalah tidak berada di dekat stop contact. a. Mengapa tidak boleh dekat dengan stop contact pada saat hujan? Coba kalian jelaskan!

Pada saat musim hujan, dimana mana seringkali terjadi banjir. Salah satu yang harus kalian perhatikan saat terjadinya banjir di rumah adalah tidak berada di dekat stop contact.
a. Mengapa tidak boleh dekat dengan stop contact pada saat hujan? Coba kalian jelaskan!

Jadi, ketika terjadinya banjir kita tidak boleh dekat dengan stop contact karena pada saat hujan, partikel air banjir mengandung senyawa-senyawa elektrolit yang dapat menghantarkan arus listrik.

Untuk lebih jelasnya simak pembahasan berikut.

Larutan elektrolit adalah larutan yang dapat menghantarkan arus listrik karena mengandung ion-ion yang bergerak bebas. Ion-ion ini menyebabkan perbedaan potensial sehingga dapat menghantarkan arus listrik. Jadi, dapat disimpulkan larutan elektrolit adalah larutan yang dapat menghantarkan arus listrik.

Air hujan disini merupakan bagian dari larutan elektrolit karena memiliki muatan untuk menghantarkan listrik. Namun kebanyakan air yang ada di alam kita sudah bercampur dengan berbagai jenis sedimen dan mineral yang kemudian mengionisasi molekul air, dan membuat memungkinkannya untuk menghantarkan listrik. Inilah mengapa air atau H2O adalah salah satu contoh larutan elektrolit lemah. Oleh karena itu, ketika terjadinya banjir kita tidak boleh dekat dengan stop contact karena pada saat hujan, partikel air banjir mengandung senyawa-senyawa elektrolit yang dapat menghantarkan arus listrik.

Dengan demikian, ketika terjadinya banjir kita tidak boleh dekat dengan stop contact karena pada saat hujan, partikel air banjir mengandung senyawa-senyawa elektrolit yang dapat menghantarkan arus listrik.