Beberapa orang berpendapat bahwa pekerjaan sebagai guru merupakan pekerjaan yang tidak menjamin perekonomian seseorang. sebab gaji guru itu kecil, apalagi di tempat tempat yang jauh dari kota. untuk mengcukupi kebutuhan sehari harinya saja sudah susah pasti guru guru yang ada pada awal masa jabatannya begitu bersemangat untuk mendidik pada akhirnya semakin menurunkan kompetensinya dalam mengajar murid-muridnya teks debat tersebut berisi tentang…

beberapa orang berpendapat bahwa pekerjaan sebagai guru merupakan pekerjaan yang tidak menjamin perekonomian seseorang. sebab gaji guru itu kecil, apalagi di tempat tempat yang jauh dari kota. untuk mengcukupi kebutuhan sehari harinya saja sudah susah pasti guru guru yang ada pada awal masa jabatannya begitu bersemangat untuk mendidik pada akhirnya semakin menurunkan kompetensinya dalam mengajar murid-muridnya

teks debat tersebut berisi tentang…
a. gaji guru honorer
b. pro dan kontra pekerjaan menjadk seorang guru
c. banyak guru yang di tempatkan didaerah terpencil
d. kompetensi guru semakin menurun
e. guru bersemangat mendidik murid

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah D.

Untuk memahami alasannya, mari simak pembahasan berikut.

Debat adalah proses saling bertukar pendapat untuk membahas suatu isu dengan masing-masing pihak yang berdebat memberi alasan. Bila perlu ditambah dengan informasi, bukti, dan data untuk mempertahankan pendapat masing-masing.

Mencari isi teks dari suatu bacaan dapat dilakukan dengan cara mencari kata kunci.

Dengan mencari kata kunci pembaca akan jauh lebih mudah untuk menemukan isi dan mengingat apa yang dibaca. Selain itu akan mempermudah dalam mengakses informasi penting dari bacaan.

Kata kunci dari teks tersebut adalah menurunnya kompetensi guru karena kesulitan untuk mencukupi kebutuhan harian. Hal ini terdapat dalam kutipan yang berbunyi, “Untuk mengcukupi kebutuhan sehari harinya saja sudah susah pasti guru guru yang ada pada awal masa jabatannya begitu bersemangat untuk mendidik pada akhirnya semakin menurunkan kompetensinya dalam mengajar murid-muridnya.”

Berdasarkan pemaparan di atas, teks debat tersebut berisi tentang kompetensi guru semakin menurun.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan D.

Semoga membantu ya ????