fbpx

Berilah contoh kalimat untuk memotivasi pembaca untuk menutup sebuah teks prosedur

Berilah contoh kalimat untuk memotivasi pembaca untuk menutup sebuah teks prosedur

Contoh kalimat untuk memotivasi pembaca untuk menutup sebuah teks prosedur adalah “Selamat mencoba dan sukses.”

Untuk memahami alasannya, mari simak pembahasan berikut.

Teks prosedur adalah langkah-langkah suatu aktivitas atau kegiatan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Teks prosedur ini dibutuhkan sebagai panduan bagi seseorang dalam membuat atau menyusun sesuatu.

Struktur teks prosedur adalah sebagai berikut.
1) Tujuan: berisi hal yang ingin dilakukan. Tujuan teks prosedur disesuaikan dengan jenis teksnya. Bisa untuk menggunakan suatu alat, membuat makanan, minuman, kerajinan, atau melakukan sesuatu.
2) Alat dan bahan: isinya memuat segala alat dan bahan yang diperlukan. Alat-alat berkaitan dengan benda yang tidak habis atau berkurang ketika dipakai. Misalnya, alat yang digunakan untuk memasak, ada wajan, pisau, talenan, mangkok, dsb. Sementara itu, bahan-bahan merupakan sesuatu yang akan berkurang ataupun habis ketika dipakai. Misalnya, bahan yang digunakan untuk membuat roti, berarti ada tepung terigu, gula, garam, mentega, telur, dsb.
3) Langkah-langkah: berisi urutan langkah secara rinci dan bertahap. Hal ini bertujuan untuk membuat suatu kejadian menjadi runtut, sehingga tujuan teks prosedur bisa tercapai.
4) Penutup/simpulan: isinya berupa simpulan dari suatu prosedur yang sudah dilakukan. Bagian ini juga biasanya berisi harapan atau manfaat yang didapat, jika langkah-langkah pada teks prosedur dilakukan dengan baik.

Kalimat yang memotivasi seseorang untuk melakukan sesuatu merupakan bagian dari penutup teks prosedur yang ditunjukkan dengan kalimat “Selamat mencoba dan sukses.”

Dengan demikian, contoh kalimat untuk memotivasi pembaca untuk menutup sebuah teks prosedur adalah “Selamat mencoba dan sukses.”