fbpx

(1) Selain cacing yang bermanfaat, ada juga jenis cacing yang pada umumnya hidup secara parasit. (2) Cacing ini bisa hidup parasit di dalam tubuh ternak dan juga di dalam tubuh manusia. (3) Cacing yang hidup dengan cara parasit ini sangat banyak. (4) Pada umumnya, jenis cacing yang hidup dengan cara parasit adalah cacing yang berasal dari golongan kedua, yaitu nematoda. (5) Biasanya, cacing yang hidup dengan cara parasit ini akan menyebabkan masalah kesehatan pada inangnya. (6) Hal ini disebabkan karena cacing ini akan menyerap makanan dan menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi. (7) Hal inilah yang pada akhirnya menyebabkan seseorang yang memiliki cacing parasit dalam tubuhnya akan mengalami gangguan kesehatan. Pernyataan manakah yang tidak relevan dengan cacing parasit?

(1) Selain cacing yang bermanfaat, ada juga jenis cacing yang pada umumnya hidup secara parasit. (2) Cacing ini bisa hidup parasit di dalam tubuh ternak dan juga di dalam tubuh manusia. (3) Cacing yang hidup dengan cara parasit ini sangat banyak. (4) Pada umumnya, jenis cacing yang hidup dengan cara parasit adalah cacing yang berasal dari golongan kedua, yaitu nematoda.

(5) Biasanya, cacing yang hidup dengan cara parasit ini akan menyebabkan masalah kesehatan pada inangnya. (6) Hal ini disebabkan karena cacing ini akan menyerap makanan dan menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi. (7) Hal inilah yang pada akhirnya menyebabkan seseorang yang memiliki cacing parasit dalam tubuhnya akan mengalami gangguan kesehatan.

Pernyataan manakah yang tidak relevan dengan cacing parasit?
(A) Ada juga jenis cacing parasit yang bermanfaat.
(B) Cacing parasit bisa hidup dalam tubuh ternak dan juga di dalam tubuh manusia.
(C) Cacing parasit sangat banyak.
(D) Pada umumnya jenis cacing parasit berasal dari golongan nematoda.
(E) Cacing yang hidup dengan cara parasit dapat menyebabkan masalah kesehatan pada inangnya.

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah A.

Lagi Viral :  Bacalah teks berikut dengan saksama! Keberhasilan tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, meraih medali perunggu di Olimpiade 2020 membuatnya masuk dalam lingkaran mitos Olimpiade. Ada sebuah mitos yang terjadi di cabang olahraga bulutangkis Olimpiade. Utamanya di nomor tunggal putra. Peraih medali perunggu akan meraih medali emas di Olimpiade berikutnya. Mitos itu berlaku sejak Olimpiade 2012 di London, lalu terangkai ke Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, dan berlanjut di Olimpiade Tokyo 2020 tahun ini. Di Olimpiade 2012, pebulutangkis China, Chen Long, yang tampil pertama kalinya di Olimpiade berhasil meraih medali perunggu. Kala itu, usianya 23 tahun. Empat tahun kemudian, chen Long mampu meraih medali emas Olimpiade 2016. Di final, dia mengalahkan pebulutangkis andalan Malaysia, Lee Chong Wei yang mengalahkannya di semifinal Olimpiade 2012. Di Olimpiade 2016 ini pula, pebulutangkis Denmark, Viktor Axelsen yang berusia 22 tahun, mengawali penampilanya di Olimpiade. Dia mampu meraih medali perunggu. Di semifinal, dia dikalahkan Chen Long. Axelsen lantas memenangi perebutan medali perunggu melawan Lin Dan. (Sumber: https://www.kompasiana.com/hadi. santoso/610f82a46e7f0 1072d318202/anthony-ginting-masuk-lingkaran-mitos-medali-emas-olimpiade) Gagasan utama teks tersebut adalah

Untuk memahami alasannya, mari simak pembahasan berikut.

Informasi pada teks adalah segala sesuatu yang menjadi isi dan pembahasan pada sebuah teks.

Informasi dapat disampaikan secara tersirat maupun tersurat sehingga letak informasi harus dipahami dengan baik agar pembaca dapat memahami inti pembahasan tanpa mengalami kesalahpahaman.

Langkah-langkah untuk menemukan informasi pada sebuah bacaan adalah sebagai berikut.
1. Bacalah teks dengan saksama.
2. Pahamilah makna setiap kalimat yang ada pada teks.
3. Temukanlah kalimat utama atau gagasan pokok dalam setiap paragraf.
4. Tandailah kata atau kalimat yang mengandung kata kunci.
5. Pahami setiap gambar, grafik, tabel, atau diagram yang menunjang informasi teks.
6. Cocokkan kembali informasi yang didapatkan dengan teks secara keseluruhan.

Analisis pernyataan yang tidak relevan dengan cacing parasit.
-Pilihan A. Tidak relevan karena tidak ada yang menjelaskan bahwa cacing parasit itu bermanfaat.
-Piliha B. Relevan dengan pernyataan (2) yang berbunyi, “Cacing ini bisa hidup parasit di dalam tubuh ternak dan juga di dalam tubuh manusia.”
-Pilihan C. Relevan dengan pernyataan (3) yang berbunyi, “Cacing yang hidup dengan cara parasit ini sangat banyak.”
-Pilihan D. Relevan dengan pernyataan (4) yang berbunyi, “Pada umumnya, jenis cacing yang hidup dengan cara parasit adalah cacing yang berasal dari golongan kedua, yaitu nematoda.”
-Pilihan E. Relevan pernyataan nomor (5) yang berbunyi, “Biasanya, cacing yang hidup dengan cara parasit ini akan menyebabkan masalah kesehatan pada inangnya.”

Lagi Viral :  Tujuan penulisan kalimat 10 adalah ….

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.

Semoga membantu ya 😊