fbpx
Breaking News

(1) Selain cacing yang bermanfaat, ada juga jenis cacing yang pada umumnya hidup secara parasit. (2) Cacing ini bisa hidup parasit di dalam tubuh ternak dan juga di dalam tubuh manusia. (3) Cacing yang hidup dengan cara parasit ini sangat banyak. (4) Pada umumnya, jenis cacing yang hidup dengan cara parasit adalah cacing yang berasal dari golongan kedua, yaitu nematoda. (5) Biasanya, cacing yang hidup dengan cara parasit ini akan menyebabkan masalah kesehatan pada inangnya. (6) Hal ini disebabkan karena cacing ini akan menyerap makanan dan menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi. (7) Hal inilah yang pada akhirnya menyebabkan seseorang yang memiliki cacing parasit dalam tubuhnya akan mengalami gangguan kesehatan. Kalimat beragam nonformal ditunjukkan pada ….

(1) Selain cacing yang bermanfaat, ada juga jenis cacing yang pada umumnya hidup secara parasit. (2) Cacing ini bisa hidup parasit di dalam tubuh ternak dan juga di dalam tubuh manusia. (3) Cacing yang hidup dengan cara parasit ini sangat banyak. (4) Pada umumnya, jenis cacing yang hidup dengan cara parasit adalah cacing yang berasal dari golongan kedua, yaitu nematoda.

(5) Biasanya, cacing yang hidup dengan cara parasit ini akan menyebabkan masalah kesehatan pada inangnya. (6) Hal ini disebabkan karena cacing ini akan menyerap makanan dan menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi. (7) Hal inilah yang pada akhirnya menyebabkan seseorang yang memiliki cacing parasit dalam tubuhnya akan mengalami gangguan kesehatan.

Kalimat beragam nonformal ditunjukkan pada ….
(A) kalimat (1)
(B) kalimat (2)
(C) kalimat (3)
(D) kalimat (6)
(E) kalimat (7)

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah D.

Untuk memahami alasannya, mari simak pembahasan berikut.

Kata nonformal merupakan kalimat yang tidak sesuai dengan kaidah tata bahasa baku yang berlaku.

Kalimat beragam nonformal dapat berisikan kata cakapan, yakni kata yang sering digunakan di dalam percakapan sehari-hari atau situasi tidak resmi.

Ciri-ciri kalimat beragam nonformal adalah sebagai berikut.
-Tidak menggunakan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar.
-Digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
-Kalimat sederhana dan singkat.
-Digunakan dalam situasi tidak resmi.
-Menggunakan kata tidak baku.
-Menggunakan kata ganti tidak baku.

Kalimat beragam nonformal ditunjukkan pada kalimat (6) yang berbunyi, “Hal ini disebabkan karena cacing ini akan menyerap makanan dan menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi.”

Pada kalimat tersebut terdapat dua kata ‘ini’ yang merujuk pada dua hal yang berbeda.”
-Pada bagian “Hal ini ….” Kata ‘ini’ merujuk pada cacing parasit akan menyebabkan masalah kesehatan pada inangnya.
-Pada bagian “… cacing ini ….” Kata ‘ini’ merujuk pada parasit.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan D.

Semoga membantu ya 😊