Sebutkan contoh sampah organik dan sampah anorganik yang dapat menyebabkan pencamaran tanah

sebutkan contoh sampah organik dan sampah anorganik yang dapat menyebabkan pencamaran tanah

Contoh sampah organik dan anorganik yang dapat menyebabkan pencemaran tanah adalah kulit pisang dan plastik.

Pencemaran tanah merupakan keadaan di mana tanah terpapar atau dimasuki oleh polutan yang dapat menurunkan kualitas tanah. Pencemaran tanah sangat berbahaya bagi lingkungan maupun manusia karena dapat mengakibatkan kerusakan ekosistem. Pencemaran tanah disebabkan oleh polutan tanah, salah satunya adalah sampah. Baik sampah organik maupun sampah anorganik dapat menjadi penyebab pencemaran tanah.

Sampah organik merupakan sampah yang berasal dari sisa mahkluk hidup yang mudah terurai secara alami tanpa proses campur tangan manusia. Meski demikian, apabila sampah tersebut terdapat dalam jumlah banyak pada suatu lingkungan dapat menyebabkan pencemaran lingkungan. Contohnya adalah sampah nasi, kulit buah, buah dan sayuran busuk, ampas teh atau kopi, bangkai hewan, dan kotoran hewan atau manusia.

Sampah anorganik merupakan sampah yang sulit terurai secara alami. Sampah anorganik yang tertimbun di tanah dapat menyebabkan pencemaran tanah karena sampah tersebut sulit terurai secara alami. Hal tersebut dapat menyebabkan rusaknya lapisan tanah. Contohnya adalah sampah plastik, kaleng bekas, kaca, dan lain sebagainya.

Dengan demikian, contoh sampah organik dan anorganik yang dapat menyebabkan pencemaran tanah adalah kulit pisang dan plastik.

Semoga membantu ^_^