fbpx

Kelas insekta yang sering ditemukan pada ruang pori-pori tanah, memangsa bakteri dan fungsi, serta menguraikan sisa-sisa tumbuhan, termasuk dalam ordo . . .

Kelas insekta yang sering ditemukan pada ruang pori-pori tanah, memangsa bakteri dan fungsi, serta menguraikan sisa-sisa tumbuhan, termasuk dalam ordo . . .
a. Collembola
b. Orthoptera
c. Isoptera
d. Diptera

Jawabannya yaitu a. Collembola.

Yuk simak penjelasan berikut ini!
Ekor-pegas (Collembola) membentuk yang terbesar dari tiga garis keturunan dari hexapoda modern yang tidak lagi dianggap serangga (dua lainnya adalah Protura dan Diplura). Meskipun tiga ordo kadang-kadang dikelompokkan bersama dalam kelas yang disebut Entognatha karena mereka memiliki mulut internal, sepertinya mereka tidak lebih erat terkait satu sama lain daripada mereka dengan semua serangga, yang memiliki mulut eksternal.
Beberapa studi sekuens DNA. menunjukkan bahwa Collembola merupakan garis evolusi yang terpisah dari Hexapoda yang lain, tetapi yang lain tidak setuju; ini tampaknya disebabkan oleh pola yang sangat beragam dari evolusi molekuler antara artropoda. Penyesuaian peringkat taksonomi tradisional untuk ekor-pegas mencerminkan ketidakcocokan sesekali pengelompokan tradisional dengan kladistika modern: ketika mereka disertakan dengan serangga, mereka berperingkat sebagai ordo; sebagai bagian dari Entognatha, mereka berperingkat sebagai upakelas. Jika mereka dianggap sebagai keturunan basal Hexapoda, mereka diangkat ke status kelas penuh.
Collembola omnivora, organisme yang hidup bebas yang suka kondisi lembap. Mereka tidak langsung terlibat dalam dekomposisi bahan organik, tetapi berkontribusi secara tidak langsung melalui fragmentasi bahan organik dan kontrol komunitas mikroba tanah. Kata “collembola” adalah dari bahasa Yunani colle yang berarti lem dan embolon berarti piston atau pasak.

Jadi, jawaban dari pertanyaan diatas adalah a. Collembola.

Lagi Viral :  Hitunglah luas daerah persegi panjang dengan panjang dan lebar berikut! b. 15 cm dan 6 cm