Perhatikan gambar berikut. a. Deskripsikan ciri organisme X yang tampak pada interaksi tersebut!

Perhatikan gambar berikut.
a. Deskripsikan ciri organisme X yang tampak pada interaksi tersebut!

Perhatikan gambar berikut. a. Deskripsikan ciri organisme X yang tampak pada interaksi tersebut!

Jawabannya adalah : Ciri organisme X adalah tali putri bewarna kuning kemerahan, hidup parasit di tumbuhan lain dan melakukan interaksi simbiosis parasitisme dengan tumbuhan inangnya.

Tumbuhan parasit merupakan jenis tumbuhan yang hidupnya bergantung pada tumbuhan lain. Tumbuhan parasit bersifat merugikan tumbuhan lain. Karena tidak bisa membuat makanannya sendiri, tetapi mengambil makanan dari tanaman inang (tanaman yang ditumpanginya).

Organisme X adalah tali putri yang merupakan salah satu tumbuhan parasit. Tanaman tali putri umumnya berwarna kuning kemerahan dan hidup menempel pada tanaman inang. Tali putri memiliki akar isap yang terdapat pada batang inang dan menyerap zat dari tubuh inang pada bagian epidermisnya. Interaksi antara tali putri dan tumbuhan inangnya adalah simbiosis parasitisme. Tumbuhan tali putri diuntungkan karena mendapat nutrisi sedangkan tumbuhan inang tidak mendapat apa-apa dan justru dirugikan karena lama kelamaan akan mati.

Dengan demikian, ciri organisme X adalah tali putri bewarna kekuningan, hidup parasit di tumbuhan lain dan melakukan interaksi simbiosis parasitisme dengan tumbuhan inangnya.