Sebutkan simbiosis parasitme dan amensalisme!

sebutkan simbiosis parasitme dan amensalisme!

Jawabannya yaitu simbiosis paratisme adalah hubungan timbal balik antara dua makhluk hidup, di mana satu pihak dirugikan dan satu pihak diuntungkan. Sedangkan simbiosis amensalisme adalah hubungan antara dua makhluk hidup dimana satu pihak dirugikan sedangkan pihak lain tidak dirugikan dan juga tidak diuntungkan (tidak terpengaruh apa-apa).

Yuk simak penjelasan berikut ini!

Simbiosis adalah keadaan hidup bersama antara organisme berbeda. Ada enam jenis simbiosis yaitu simbiosis mutualisme, simbiosis parasitisme, simbiosis komensalisme, simbiosis amensalisme, simbiosis netralisme, dan simbiosis amensalisme. Simbiosis paratisme adalah hubungan timbal balik antara dua makhluk hidup, di mana satu pihak dirugikan dan satu pihak diuntungkan. Contohnya kutu dan hewan, cacing pita dan manusia, serta lalat dan buah. Sedangkan simbiosis amensalisme adalah hubungan antara dua makhluk hidup dimana satu pihak dirugikan sedangkan pihak lain tidak dirugikan dan juga tidak diuntungkan (tidak terpengaruh apa-apa). Contohnya Dinoflagellata dengan Fitoplankton, pohon pinus dengan tumbuhan lainnya, brokoli dengan kembang kol, dan sebagainya.

Jadi, simbiosis paratisme adalah hubungan timbal balik antara dua makhluk hidup, di mana satu pihak dirugikan dan satu pihak diuntungkan. Sedangkan simbiosis amensalisme adalah hubungan antara dua makhluk hidup dimana satu pihak dirugikan sedangkan pihak lain tidak dirugikan dan juga tidak diuntungkan (tidak terpengaruh apa-apa).

Semoga membantu:)