fbpx

(1) Selain cacing yang bermanfaat, ada juga jenis cacing yang pada umumnya hidup secara parasit. (2) Cacing ini bisa hidup parasit di dalam tubuh ternak dan juga di dalam tubuh manusia. (3) Cacing yang hidup dengan cara parasit ini sangat banyak. (4) Pada umumnya, jenis cacing yang hidup dengan cara parasit adalah cacing yang berasal dari golongan kedua, yaitu nematoda. (5) Biasanya, cacing yang hidup dengan cara parasit ini akan menyebabkan masalah kesehatan pada inangnya. (6) Hal ini disebabkan karena cacing ini akan menyerap makanan dan menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi. (7) Hal inilah yang pada akhirnya menyebabkan seseorang yang memiliki cacing parasit dalam tubuhnya akan mengalami gangguan kesehatan. Apa gagasan utama bacaan di atas?

(1) Selain cacing yang bermanfaat, ada juga jenis cacing yang pada umumnya hidup secara parasit. (2) Cacing ini bisa hidup parasit di dalam tubuh ternak dan juga di dalam tubuh manusia. (3) Cacing yang hidup dengan cara parasit ini sangat banyak. (4) Pada umumnya, jenis cacing yang hidup dengan cara parasit adalah cacing yang berasal dari golongan kedua, yaitu nematoda.

(5) Biasanya, cacing yang hidup dengan cara parasit ini akan menyebabkan masalah kesehatan pada inangnya. (6) Hal ini disebabkan karena cacing ini akan menyerap makanan dan menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi. (7) Hal inilah yang pada akhirnya menyebabkan seseorang yang memiliki cacing parasit dalam tubuhnya akan mengalami gangguan kesehatan.

Apa gagasan utama bacaan di atas?
(A) Ada jenis cacing yang hidup secara parasit.
(B) Ada cacing yang bisa hidup parasit di dalam tubuh ternak dan juga di dalam tubuh manusia.
(C) Ada cacing yang menyebabkan masalah kesehatan pada inangnya.
(D) Ada cacing yang menyerap makanan dan menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi.
(E) Ada cacing yang membuat tubuh mengalami gangguan kesehatan.

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah A.

Untuk memahami alasannya, mari simak pembahasan berikut.

Gagasan utama adalah gagasan dasar yang mendasari terbentuknya paragraf, bacaan, atau karangan. Hal ini dikarenakan pengembangan paragraf berawal dari gagasan utama tersebut. Gagasan utama terdapat di kalimat utama dan setiap satu paragraf hanya ada satu gagasan utama.

Cara menemukan gagasan utama dalam paragraf, yaitu sebagai berikut.
1) Baca seluruh paragraf dengan cermat.
2) Cermati kalimat pertama hingga akhir.
3) Baca tiap kalimatnya.
4) Tandai gagasan utama paragraf.

Letak gagasan utama, yaitu sebagai berikut.
1) Gagasan utama terletak di awal paragraf (paragraf deduktif).
2) Gagasan utama terletak di akhir paragraf (paragraf induktif).
3) Gagasan utama terletak di awal dan akhir paragraf (paragraf campuran).
4) Gagasan utama terletak di tengah paragraf (paragraf ineratif).
5) Gagasan utama terletak di seluruh paragraf (apabila dikembangkan dalam bentuk deskripsi).

Apa gagasan utama bacaan di atas adalah “Ada jenis cacing yang hidup secara parasit.” Adapun kalimat-kalimat pada paragraf (1) menjelaskan seperti apa cacing parasit itu, sedangkan kalimat-kalimat pada pagaraf (2) menjelaskan masalah yang disebabkan oleh cacing parasit.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.

Semoga membantu ya 😊