Apa yang dimaksud dengan simbiosis

apa yang dimaksud dengan simbiosis

Simbiosis adalah, jenis interaksi biologis waktu panjang atau dekat meliputi dua organisme biologis yang berbeda beda seperti sebuah hubungan antara timbal balik dua makhluk hidup berbeda.

Untuk mengetahui alasannya, mari simak penjelasan berikut.

Simbiosis berasal dari bahasa Yunani yang berarti hidup bersama. Sementara itu, simbiosis dalam ilmu biologi berarti jenis interaksi dalam waktu panjang atau dekat meliputi dua organisme biologis yang berbeda beda seperti sebuah hubungan antara timbal balik dua makhluk hidup berbeda. Organisme yang terlibat dalam interaksi tersebut akan disebut sebagai simbion.

Simbiosis juga dibagi dalam enam bentuk, yaitu mutualisme (saling menguntungkan), komensalisme (untung dan tidak terpengaruh), parasitisme (untung dan rugi), amensalisme (rugi dan tidak terpengaruh), kompetisi (saling merugikan), dan netralisme (tidak untung dan tidak rugi).

Dengan demikian, simbiosis dapat diartikan sebagai jenis interaksi biologis waktu panjang atau dekat meliputi dua organisme biologis yang berbeda beda seperti sebuah hubungan antara timbal balik dua makhluk hidup berbeda.

Semoga membantu^^