Apa yang dimaksud dengan zaman batu

apa yang dimaksud dengan zaman batu

Yang dimaksud dengan zaman batu adalah zaman sebelum manusia mengenal logam sehingga menggunakan batu sebagai bahan utama untuk membuat peralatan.

Mari simak penjelasan di bawah ini, untuk mengetahui lebih lanjut tentang zaman batu.

Zaman batu dimulai sekitar 600.000 tahun yang lalu. Pada saat itu manusia purba pada masa ini belum mengenal teknologi dan tulisan. Oleh karena itu, manusia purba menggunkan batu sebagai bahan utama peralatan mereka.

Zaman yang satu ini, terbagi menjadi empat bagian, yaitu sebagai berikut.
1.) Zaman Batu Tua (Palaeolitikum), Zaman Paleolitikum berlangsung pada 50.000-10.000 SM. Disebut sebagai zaman batu tua, karena pada saat itu manusia menggunakan alat-alat batu yang masih dibuat secara sederhana.
2.) Zaman Batu Tengah (Mesolitikum), masa dimana pada manusia mulai hidup semi menetap di sebuah gua.
3.) Zaman Batu Muda (Neolitikum). Manusia sudah mulai menetap, tidak berpindah-pindah. Jenis manusia yang hidup pada pada zaman ini seperti ras Mongoloide dan Austromelanosoide.
4.) Zaman Batu Besar (Megalitikum), pada zaman ini manusia sudah dapat membuat dan meningkatkan kebudayaan, menghasilkan bangunan-bangunan dari batu besar.

Dengan demikian, zaman batu z aman sebelum manusia mengenal logam sehingga menggunakan batu sebagai bahan utama untuk membuat peralatan.