Alat musik khas Papua adalah ….

Alat musik khas Papua adalah ….

Beberapa alat musik khas Papua diantaranya adalah Fuu, Tifa, dan Butshake.

Untuk mengetahui tlebih lanjut tentang alat musik khas Papua, mari simak penjelasan berikut.

Papua adalah salah satu provinsi yang ada di Indonesia, provinsi yang satu ini terletak di bagian tengah Pulau Papua atau bagian paling timur wilayah Papua. Sementara itu, belahan timurnya merupakan negara Papua Nugini. Seperti halnya provinsi lain yang berada di Indonesia, Papua juga memiliki ciri khasnya sendiri. Salah satu ciri khas tersebut adalah alat musik.

Beberapa contoh alat musik khas Papua adalah Fuu, Tifa, dan Butshake. Fuu atau yang biasa disebut dengan Korno dan Tahuri, adalah alat musik khas Papua yang terbuat dari bambu dan kayu. Fungsi alat musik yang satu ini untuk memanggil penduduk agar berkumpul, sebagai iringan kesenian daerah suku Asmat. Cara memainkannya cukup mudah, yaitu ditiup.

Tifa adalah salah satu alat musik Papua cukup populer. Berbentuk seperti gendang yang dapat dibawa dengan mudah, Tifa merupakan jenis musik pukul dan dibuat dari kayu yang dilubangi. Pada bagian ujung Tifa, kayu yang ada ditutupi menggunakan kulit rusa yang telah kering.

Butshake adalah salah satu alat musik khas Papua yang mudah untk dibuat. Bahan utama untuk membuat alat musik ini adalah bambu dan buah kenari. Alat musik yang satu ini dimainkan untuk pengiring tari-tarian adat ketika pesta.

Saat dimainkan alat musik butshake hasilkan bunyi gemericik saat pemain ayunkan tangan atau mengocoknya. Tabrakan kenari di bambu inilah yang hasilkan suara pada butshake.

Dengan demikian, beberapa alat musik khas Papua diantaranya adalah Fuu, Tifa, dan Butshake.

Semoga membantu^^