1. sudut pandang yang digunakan pengarang dalam penggalan cerita di atas adalah ….

kedua anakku sungguh sangat berbeda ibarat air dan minyak. sikap dan gagasan yang mereka lontarkan selalu berbeda. yang kakak selalu mengalah karena ingin selalu menjaga hubungan baik. sedangkan yang adik selalu ingin menang sendiri dan tidak mau kalau keinginannya ditentang.

1. sudut pandang yang digunakan pengarang dalam penggalan cerita di atas adalah ….

Sudut pandang yang digunakan pengarang dalam penggalan cerita tersebu adalah, sudut pandang orang pertama tokoh utama.

Untuk mengetahui alasannya, mari simak penjelasna berikut ini.

Sudut pandang atau point of view adalah cara pandang seorang penulis dalam menggambarkan sutau cerita. Hal tersebut agar cerita yang dihasilkan menjadi lebih hidup serta tersampaikan dengan jelas kepada pembaca.

Sementara itu, sudut pandang sendiri terbagi menjadi tiga jenis, yaitu sudut pandang orang pertama, sudut pandang orang ketiga, dan sudut pandang campuran.

Lebih lanjut, sudut pandang orang pertama akan terbagi lagi menjadi dua, yaitu tokoh utama dan tokoh sampingan. Sudut pandang orang pertama tokoh utama, akan berhubungan dengan perasaan, kejadian, pengalaman, pola pikir, tingkah laku dari tokoh utama tersebut. Di sini penulis akan menggunakan kata ganti ‘aku’ ‘saya’ ‘ku’.

Sementara itu pada sudut pandang orang pertama tokoh sampingan, tokoh ‘aku’ tidak menjadi tokoh utama, namun akan menjadi tokoh sampingan. Biasanya, tokoh ‘aku’ dalam sudut pandang ini akan membantu oembaca dalam menggambarkan penjelasan cerita kepada pembaca.

Sudut pandang orang ketiga juga terbagi menjadi dua jenis, yaitu serba tahu dan pengamat. Pada sudut pandang orang ketiga serba tahu, penulis memakai kata ganti ‘Ia’ atau ‘dia’. Pada sudut pandang ini, penulis akan menceritakan segala sesutau tentang tokoh utama, seperti perasaan, pola pikir, tingkah laku hingga kebiasan.

Pada sudut pandang orang ketiga pengamat, kata ganti yang digunakan tetap ‘Ia’ dan ‘dia’, namun pada sudut pandang ini penulis hanya menceritakan tokoh utama berdasarkan pengetahuan dari sosok ‘Ia’ sehingga penggambaran pada sudut pandang ini cukup terbatas.

Sudut pandang yang terakhir adalah sudut pandang campuran. Sudut pandang ini merupakan campuran dari sudut pandang orang pertama dan orang ketiga. Sehingga penulis kadang akan menggunakan kata ganti ‘aku’ namun secara tiba tiba kata ganti tersebut dapat berubah menjadi ‘dia’.

Sehingga berdasarkan penjelasan yang ada, sudut pandang yang digunakan pengarang dalam penggalan cerita tersebut adalah sudut pandang orang pertama tokoh utama.