fbpx

Aktivitas manusia yang mengakibatkan pencemaran tanah, sebutkan dampak akibat pencemaran tanah

aktivitas manusia yang mengakibatkan pencemaran tanah, sebutkan dampak akibat pencemaran tanah

Pencemaran tanah memiliki dampak yang berbahaya bagi makhluk hidup, mulai dari segi kesehatan hingga lingkungan. Toksin yang dilepaskan oleh polutan di tanah dapat berinteraksi dengan ekosistem, baik secara langsung maupun tidak langsung. Pencemaran tanah selalu berkaitan dengan aktivitas manusia yang sangat beragam.

Oleh karena itu, penyebab pencemaran tanah dapat dibagi menjadi lima berdasarkan tipe polutannya:
1. Bio-polutan, polutan yang berasal dari agen-agen biologi. Jenis polutan ini berasal dari hasil ekskresi manusia, burung, dan hewan-hewan lainnya.
2. Aktivitas pertanian, berupa bahan kimia di antaranya pestisida, pupuk kimia, herbisida, zat kapur, dan kompos.
3. Radioaktif, dapat dihasilkan dari aktivitas manusia seperti nitrogen, uranium, thorium, uranium, dan lain-lain.
4. Limbah urban, dihasilkan dari rumah tangga dan sebagai hasil aktivitas manusia di perkotaan. Polutan tersebut antara lain sampah plastik, limbah domestik maupun komersial, dan materi-materi buangan lainnya.
5. Limbah buangan industri, limbah industri skala besar di antaranya berupa logam, seperti timbal (Pb), merkuri (Hg), arsenik (As), nikel (Ni), dan sebagainya.

Berikut ini adalah tiga dampak pencemaran tanah dari segi kesehatan dan lingkungan:
1. Menurunkan kesuburan tanah. Hilangnya biota-biota atau mikroflora tanah dapat menyebabkan tanah menjadi tidak subur seperti sedia kala.
2. Hilangnya keanekaragaman hayati. Paparan polutan yang berbahaya dapat mematikan sejumlah jenis tanaman atau hewan sehingga terjadi kelangkaan spesies.
3. Bioakumulasi. Terjadi apabila manusia memakan daging atau sayur yang telah terpapar polutan tanah. Hal ini dapat berujung pada penyakit kronis laten (tidak disadari).

Semoga membantu.