Karbon monoksida (CO) diserap oleh tubuh manusia akan berbahaya untuk kesehatan. karena …

Karbon monoksida (CO) diserap oleh tubuh manusia akan berbahaya untuk kesehatan. karena …

Karbon monoksida diserap oleh tubuh manusia akan berbahaya untuk kesehatan karena berikatan dengan hemoglobin dan menyebabkan kematian.

Karbon monoksida (CO) dihasilkan dari pembakaran yang tidak sempurna yang menggunakan bahan bakar bensin dan solar. CO memiliki sifat tidak berwarna, tidak berbau, dan bersifat racun. Apabila CO terisap ke dalam paru-paru, polutan berbentuk gas tersebut akan ikut masuk ke dalam aliran darah dan menghalangi terjadinya pengangkutan oksigen. Gas ini sangat mudah berikatan dengan hemoglobin daripada oksigen karena menghasilkan ikatan yang lebih stabil. Apabila CO masuk ke dalam tubuh seseorang dalam jumlah yang cukup banyak, hal tersebut akan menyebabkan proses pengangkutan oksigen ke jaringan tubuh terganggu. Bahkan dapat menyebabkan kematian apabila tubuh keracunan CO dalam waktu yang relatif lama.

????????????????, ???????????????????????? ???????????????????????????????????? ???????????????????????????? ???????????????? ???????????????????? ???????????????????????????? ???????????????? ???????????????????????????????????? ???????????????????? ???????????????????????????????????? ???????????????????????? ???????????????????????????????????? ???????????????????????? ???????????????????????????????????????? ???????????? ???????????????????????????????????????????? ????????????????????????????????.