fbpx

Tuliskan apa yang dapat kamu amati dari kedua gambar di atas!

Perhatikan gambar!
a. Tuliskan apa yang dapat kamu amati dari kedua gambar di atas!

Tuliskan apa yang dapat kamu amati dari kedua gambar di atas!

Perbedaan gambar 1 adalah sungai yang belum tercemar, sedangkan gambar 2 adalah sungai yang telah tercemar ditunjukkan oleh banyaknya ikan yang telah mati.

Pencemaran air merupakan masuknya polutan ke dalam lingkungan perairan. Polutan dapat berasal dari limbah rumah tangga, limbah industri, dan limbah pertanian.

Sungai yang tidak tercemar seperti gambar 1 memiliki ciri-ciri yaitu jernih, tidak berbau, serta dapat menjadi tempat tinggal makhluk hidup dan layak dikonsumsi manusia.

Sungai tercemar seperti gambar 2 memiliki ciri-ciri: adanya endapan dan bahan pelarut. Hal ini menyebabkan air berubah warna dan berbau, berasa, dan berwarna; suhu air berubah karena banyaknya zat kimia yang terkandung di air tersebut; serta banyak ditemukan organisme sungai yang mati karena air sungai yang beracun ataupun disebabkan kadar oksigen yang menurun. Pada gambar 2 tampak banyak ikan yang mati di sungai tercemar.

Dengan demikian, perbedaan gambar 1 adalah sungai yang belum tercemar, sedangkan gambar 2 adalah sungai yang telah tercemar ditunjukkan oleh banyaknya ikan yang telah mati.

Lagi Viral :  Gambar berikut merupakan lintasan dari sebuah roller coster. Jika energi potensial yang dimiliki oleh roller coster ketika berada pada posisi A adalah 30.000 joule, maka energi potensial rolller coster ketika berada pada posisi C adalah (percepatan gravitasi = 10 m/s2)