Dafia suka mengumpulkan botol bekas minuman untuk dibuat kerajinan seperti tempat pensil dan kotak hadiah . tindakan yang dilakukan dafia tersebut telah menerapkan prinsip….

dafia suka mengumpulkan botol bekas minuman untuk dibuat kerajinan seperti tempat pensil dan kotak hadiah . tindakan yang dilakukan dafia tersebut telah menerapkan prinsip….

a.reuse

b.repair

c.reduce

d.reycle

Jawaban yang benar adalah D.

Limbah merupakan sisa atau buangan dari suatu usaha atau kegiatan manusia. Agar tidak mengganggu, limbah dapat diolah dengan prinsip 3R yaitu Reuse, Reduce dan Recycle.
1. Reuse merupakan kegiatan menggunakan kembali limbah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya. Contohnya Bagus mengerjakan rancangan tugas proyeknya dibalik kertas bekas milik ayahnya yang tidak terpakai. Kegiatan tersebut memanfaatkan limbah kertas untuk digunakan pada fungsi yang lain.
2. Reduce merupakan kegiatan mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan atau memunculkan limbah. Contohnya membawa tas belanjaan pada saat berbelanja di pasar. Hal ini untuk mengurangi penggunaan kantong plastik.
3. Recycle merupakan mendaur ulang limbah dan mengolahnya menjadi bahan lain yang bermanfaat. Contohnya mendaur ulang sampah menjadi kerajinan ataupun pupuk kompos. Hal ini juga yang dilakukan oleh Dafia yaitu mengumpulkan botol bekas minuman untuk dibuat kerajinan seperti tempat pensil dan kotak hadiah.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang benar adalah D.