Kematian beberapa jenis organisme perairan dapat terjadi akibat pencemaran oleh limbah pertanian yang berupa pupuk . peristiwa tersebut terjadi karena perairan mengandung…..

kematian beberapa jenis organisme perairan dapat terjadi akibat pencemaran oleh limbah pertanian yang berupa pupuk . peristiwa tersebut terjadi karena perairan mengandung…..

a.banyak CO 2 dan sedikit O 2
b.banyak O 2 dan sedikit CO 2
c.berbagai macam mineral
d.sedikit unsur hara

Jawaban yang benar adalah A.

Limbah pertanian berupa pupuk kimia dapat menyebabkan eutrofikasi sehingga mengakibatkan terjadinya pertumbuhan yang sangat cepat pada organisme perairan atau disebut ???????????????????????????????? ????????????????. ???????????????????????????????? ???????????????? mencegah cahaya tidak dapat masuk ke dalam air. Hal tersebut akan menyebabkan tumbuhan air tidak dapat melakukan proses fotosintesis, sehingga kadar O2 (oksigen) berkurang dan mati. Ketika tanaman air mati, tanaman air akan dibusukkan oleh bakteri anaerobik.

Akibat dari pembusukkan itu maka kadar O2 dalam air akan menurun dan selanjutnya membentuk karbon dioksida (CO2) yang tinggi. Akibat ketiadaan O2 dan banyaknya kCO2, makan akan menyebabkan kematian organisme-organisme air lainnya.

Oleh karena itu, kematian organisme perairan dapat terjadi akibat pencemaran oleh limbah pertanian karena perairan mengandung banyak CO2 dan sedikit O2.