Apa yang dimaksud dengan daun

apa yang dimaksud dengan daun

Daun merupakan organ penting dalam tumbuhan yang berfungsi untuk fotosintesis.

Daun merupakan organ penting dalam tumbuhan yang berfungsi untuk fotosintesis. Daun tersusun atas beberapa jaringan yaitu :
1. Jaringan epidermis, merupakan jaringan yang berfungsi sebagai pelindung. Jaringan epidermis terbagi menjadi 2 yaitu epidermis atas dan epidermis bawah. Umumnya pada epidermis bawah terdapat stomata yang berfungsi sebagai tempat pertukaran gas.
2. Jaringan mesofil, merupakan jaringan yang berada di antara jaringan epidermis atas dan epidermis bawah. Jaringan mesofil terdiri dari jaringan palisade (jaringan tiang) dan jaringan spons (jaringan bunga karang). Jaringan palisade tersusun atas sel yang berbentuk silindris dan tersusun rapat. Jaringan ini banyak mengandung klorofil sehingga sangat efisien untuk fotosintesis. Jaringan spons tersusun atas sel yang tidak teratur, berdinding tipis, mengandung sedikit klorofil dan memiliki ruang antarsel yang besar untuk pertukaran gas.
3. Jaringan penyokong, merupakan jaringan yang berfungsi untuk menyokong organ daun. Jaringan ini berupa kolenkim dan sklerenkim. Kolenkim tersusun atas sel-sel hidup dan mengalami penebalan dinding sel tidak teratur. Sedangkan sklerenkim tersusun atas sel mati yang mengalami lignifikasi.
4. Jaringan pengangkut, merupakan jaringan yang berfungsi untuk mengangkut zat. Jaringan ini tersusun atas xilem dan floem. Xilem berfungsi untuk mengangkut air dan unsur hara dari dalam tanah. Sedangkan floem berfungsi untuk mengangkut hasil fotosintesis.
5. Jaringan sekretori, merupakan jaringan yang berfungsi menghasilkan suatu zat berupa kelenjar, sel resin dan minyak, sel-sel lendir, sel-sel penyamak dan sel mirosin.

Jadi, daun merupakan organ penting dalam tumbuhan yang berfungsi untuk fotosintesis.