fbpx

Banyak masyarakat membuang sampah sembarangan sehingga menyebabkan saluran air tersumbat dan mengakibatkan banjir. Meskipun mengadakan gotong royong untuk membersihkan saluran air, banjir tetap terjadi. Banyak saluran air yang tersumbat karena sampah. Simpulan yang tepat adalah

Banyak masyarakat membuang sampah sembarangan sehingga menyebabkan saluran air tersumbat dan mengakibatkan banjir. Meskipun mengadakan gotong royong untuk membersihkan saluran air, banjir tetap terjadi. Banyak saluran air yang tersumbat karena sampah.
Simpulan yang tepat adalah
A. Banjir terjadi rutin setiap tahun karena sampah.
B. Saluran air tersumbat sampah karena masyarakat tidak membuang sampah
C. Banjir tetap terjadi atau masyarakat tidak membuang sampah sembarangan.
D. Korban banjir mengeluhkan lambannya penanganan banjir
E. Banjir tetap terjadi dan masyarakat tidak membuang sampah sembarangan

Jawaban yang benar adalah A. Banjir terjadi rutin setiap tahun karena sampah.

Soal ini menanyakan tentang simpulan yang tepat dari bacaan tersebut, simak pembahasan berikut.

Secara umum, konsep kesimpulan adalah pernyataan yang mudah ditarik dari keseluruhan hasil pembahasan atau analisis. Dengan kata lain, kesimpulan adalah hasil dari suatu perdebatan atau pembicaraan. Kesimpulan adalah bagian yang sangat penting dari setiap penelitian ilmiah. Biasanya, kesimpulan di tuliskan secara singkat dan jelas sesuai dari isi pokok pembahasan atau analisis.
Inti dari cerita atau pembahasan tersebut menjelaskan tentang terjadinya banjir yang sering terjadi, karena di sebabkan oleh saluran air yang tersumbat sampah.
Karena banjir tetap terjadi meski saluran air sudah di bersihkan, maka banjir bisa di katakan terjadi secara rutin setiap tahunnya.

Jadi, kesimpulan di ambil lebih singkat dan bisa menjelaskan keseluruhan isi dari bacaan tersebut. Maka dari itu, jawaban yang benar adalah banjir terjadi rutin setiap tahun karena sampah.

Semoga bisa membantu 🙂