fbpx

Tuliskan nilai-nilai budaya pd masa praaksara dan jelaskan

tuliskan nilai-nilai budaya pd masa praaksara dan jelaskan

Nilai budaya zaman pra-aksara adalah nilai musyawarah, nilai gotong royong, dan nilai budaya menghormati leluhur atau nenek moyang.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

Kehidupan manusia pra-aksara adalah masa dimana masyarakatnya belum mengenal tulisan, namun masyarakatnya sudah memiliki nilai-nilai budaya.

Nilai-nilai budaya pada zaman praaksara :

1. Nilai gotong royong

Gotong royong adalah nilai budaya yang sudah ada sejak zaman nenek moyang pada masa pra-aksara. Pada masa tersebut masyarakat bekerja sama dalam mencari makan, dalam bercocok tanam, dalam membangun tempat tinggal, dan juga dalam ritual-ritual upacara kepercayaan.

2. Nilai musyawarah

Pada masa pra-aksara walaupun kehidupannya masih sangat sederhana, dalam mengambil keputusan atau memecahkan suatu masalah masyarakat pada saat itu sudah melakukan yang namanya musyawarah, contohnya dalam memilih pemimpin.

3. Nilai budaya menghormati leluhur

Masyarakat di zaman pra-aksara sangat menghormati, menjunjung tinggi, dan juga menjaga leluhur atau nenek moyang mereka. Mereka membuat makam untuk leluhur mereka dan menghiasnya, melakukan ritual-ritual upacara, persembahan dll.

Dengan demikian, nilai budaya zaman pra-aksara adalah nilai musyawarah, nilai gotong royong, dan nilai budaya menghormati leluhur atau nenek moyang.