fbpx

Dan Lebaran pun datang lagi. Persoalannya belum bergerak. Harga kebutuhan pokok naik. Masyarakat panik. Heboh mudik. Korban jiwa di jalanan bikin galau dan arus balik dapat dipastikan akan tetap kacau. Aku sendiri punya persoalan buntu yang tak bisa dipecahkan. Walau sudah setengah mati banting tulang, hasilnya hanya cukup untuk bayar uang pangkal sekolah anak-anak. Sebutkan nilai yang terkandung dalam cerpen tersebut!

Dan Lebaran pun datang lagi. Persoalannya belum bergerak. Harga kebutuhan pokok naik. Masyarakat panik. Heboh mudik. Korban jiwa di jalanan bikin galau dan arus balik dapat dipastikan akan tetap kacau. Aku sendiri punya persoalan buntu yang tak bisa dipecahkan. Walau sudah setengah mati banting tulang, hasilnya hanya cukup untuk bayar uang pangkal sekolah anak-anak.

Sebutkan nilai yang terkandung dalam cerpen tersebut!

Nilai yang terkandung dalam cerpen tersebut adalah nilai ekonomi.

Perhatikan penjelasan berikut, ya.

Cerpen adalah bentuk karya sastra berupa prosa yang menggambarkan suatu tokoh serta lingkungannya, disertai berbagai permasalahan yang menimpa para tokoh tersebut serta bagaimana solusi untuk memecahkan permasalahan itu.

Nilai-nilai kehidupan dalam cerpen, yaitu sebagai berikut:
1. Nilai moral, yaitu nilai-nilai yang terkandung di dalam cerita dan berkaitan dengan akhlak atau etika yang berlaku di dalam masyarakat. Di dalam suatu cerpen, nilai moral bisa menjadi suatu nilai yang baik ataupun nilai yang buruk.
2. Nilai budaya/adat, yaitu nilai-nilai yang berkenaan dengan nilai-nilai kebiasaan, tradisi, dan adat istiadat yang berlaku.
3. Nilai agama/religi, yaitu hal-hal yang bisa dijadikan pelajaran yang terkandung di dalam cerpen, berkaitan dengan ajaran agama.
4. Nilai sosial, yaitu nilai yang bisa dipetik dari interaksi-interaksi tokoh-tokoh yang ada di dalam cerpen dengan tokoh lain, lingkungan, dan masyarakat sekitar tokoh.
5. Nilai ekonomi, yaitu nilai yang berkaitan dengan kegiatan, keadaan, atau status ekonomi.

Berdasarkan penjelasan di atas, nilai yang terkandung dalam cerpen tersebut adalah nilai ekonomi. Nilai ekonomi yang muncul adalah ketika mendekati lebaran maka harga kebutuhan pokok naik. Hal tersebut ditunjukkan oleh kutipan “Lebaran pun datang lagi. Persoalannya belum bergerak. Harga kebutuhan pokok naik.”

Dengan demikian, nilai yang terkandung dalam cerpen tersebut adalah nilai ekonomi.

Semoga membantu 🙂