Pergerakan transportasi harian akan terus menjadi permasalahan di perkotaan. Kegiatan ekonomi modern menimbulkan kebutuhan transportasi yang berbeda. Masalah trasnportasi ini dipengaruhi kehidupan sosial dan perkembangannya. (1) Kegiatan transportasi harian relatif berulang. (2) Hal ini akibat dari pergerakan pekerjaan dan pelajar setiap hari. (3) Domisili rumah dan sekolah atau kantor yang berbeda. (4) Dampaknya terjadi pemborosan energi, waktu, polusi, dan stres secara berulang pula. Ide pokok paragraf pertama adalah ….

Bacalah teks berikut!
Pergerakan transportasi harian akan terus menjadi permasalahan di perkotaan. Kegiatan ekonomi modern menimbulkan kebutuhan transportasi yang berbeda. Masalah trasnportasi ini dipengaruhi kehidupan sosial dan perkembangannya. (1) Kegiatan transportasi harian relatif berulang. (2) Hal ini akibat dari pergerakan pekerjaan dan pelajar setiap hari. (3) Domisili rumah dan sekolah atau kantor yang berbeda. (4) Dampaknya terjadi pemborosan energi, waktu, polusi, dan stres secara berulang pula.

Ide pokok paragraf pertama adalah ….
A. permasalahan pergerakan transportasi harian
B. pergerakan pekerja dan pelajar menjadi masalah
C. kemacetan terjadi setiap hari di ibu kota
D. pergerakan transportasi harian di kota besar

Jawaban yang tepat adalah A.

Mari kita simak pembahasan berikut ini ya.

Ide pokok merupakan inti isi sebuah paragraf. Ide pokok biasa dijelaskan secara lebih rinci oleh kalimat penjelas.

Cara menentukan ide pokok sebagai berikut.
1. Membaca keseluruhan paragraf dengan cerman dan teliti.
2. Mencermati kalimat demi kalimat dari awal hingga akhir.
3. Mencermati awal kalimat, akhir kalimat, dan keduanya.
4. Menandai kosakata yang sering muncul dalam tiap paragraf.
5. Menandai info penting dalam paragraf.

Berdasarkan penjelasan di atas, ide pokok pada kalimat tersebut adalah “Permasalahan pergerakan transportasi harian”. Hal ini terlihat pada kutipan “Pergerakan transportasi harian akan terus menjadi permasalahan di perkotaan.” Kalimat utama tersebut diperjelas oleh kalimat penjelas yang menginformasikan bahwa masalah transportasi dipengaruhi oleh kehidupan sosial dan perkembangannya.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

Semoga membantu 