fbpx

Karena pengaruh globalisasi dan tuntutan kehidupan, masyarakat akan mengalami pergeseran apresiasi dan cara pandang terhadap berbagai aspek kehidupan. berbagai aspek kehidupan itu sendiri juga mengalami perubahan perubahan yang berarti. untuk menjelaskan bagaimana pendidikan masa depan harus dilaksanakan, berbagai tuntutan kebutuhan dan fenomena yangterjadi dalam masyarakat perlu dicermati secara seksama berbagaia tuntutan itulah nantinya akan memaksa dunia pendidikan untuk berbenah diri. dunia kerja, misalnya, dapat dipastikan akan menuju pada spesialisasi dan profesionalisasi. sementara itu ada geseran apresiasi masyarakat terhadap nilai nilai kehidupan sehingga masyarakat menjadi longgar terhadap berperilaku yang kurang lazim dalam budaya indonesia. misalnya, mencium pipi antara dua insan yang berlaina jenis di remaja. itu semua menjurus kepada penyimpangan norma agama. kutipan diatas menyatakan

karena pengaruh globalisasi dan tuntutan kehidupan, masyarakat akan mengalami pergeseran apresiasi dan cara pandang terhadap berbagai aspek kehidupan. berbagai aspek kehidupan itu sendiri juga mengalami perubahan perubahan yang berarti. untuk menjelaskan bagaimana pendidikan masa depan harus dilaksanakan, berbagai tuntutan kebutuhan dan fenomena yangterjadi dalam masyarakat perlu dicermati secara seksama berbagaia tuntutan itulah nantinya akan memaksa dunia pendidikan untuk berbenah diri. dunia kerja, misalnya, dapat dipastikan akan menuju pada spesialisasi dan profesionalisasi. sementara itu ada geseran apresiasi masyarakat terhadap nilai nilai kehidupan sehingga masyarakat menjadi longgar terhadap berperilaku yang kurang lazim dalam budaya indonesia. misalnya, mencium pipi antara dua insan yang berlaina jenis di remaja. itu semua menjurus kepada penyimpangan norma agama. kutipan diatas menyatakan
a. fakta
b.pendapat
c. analisis
d. pembuktian
e. deskripsi

Jawabannya adalah B.

Perhatikan penjelasan berikut, ya.

Teks eksposisi adalah teks yang berisi informasi berupa gagasan, pendapat, dan fakta dengan maksud untuk menginformasikan dan memberikan pengetahuan mengenai suatu hal.

Struktur teks eksposisi, di antaranya:
1. Pernyataan pendapat (tesis) merupakan bagian yang berisi pengertian suatu istilah, pandangan penulis, permasalahan, serta bagaimana penyajian permasalahan. Permasalahan yang ditentukan harus didukung oleh fakta berupa teori atau contoh nyata yang menunjukkan keadaan sebenarnya sehingga tidak mengada-ada.
2. Argumentasi merupakan bagian yang berisi penjelasan secara lebih mendalam tentang pernyataan tesis (pendapat) yang diyakini kebenarannya melalui pengungkapan fakta-fakta sebagai penguat argumen penulis.
3. Penegasan ulang pendapat merupakan bagian yang berisi penegasan kembali pernyataan pendapat yang ditulis di awal paragraf. Bagian ini harus dituliskan dengan jelas karena harus mencerminkan isi pernyataan pendapat maupun argumen penulis.

Berdasarkan penjelasan tersebut, kutipan di atas menyatakan pendapat. Hal ini dapat kita ketahui melalui kalimat yang bermakna pemikiran penulis, yakni “karena pengaruh globalisasi dan tuntutan kehidupan, masyarakat akan mengalami pergeseran apresiasi dan cara pandang terhadap berbagai aspek kehidupan. berbagai aspek kehidupan itu sendiri juga mengalami perubahan perubahan yang berarti. untuk menjelaskan bagaimana pendidikan masa depan harus dilaksanakan, berbagai tuntutan kebutuhan dan fenomena yang terjadi dalam masyarakat perlu dicermati secara seksama berbagai tuntutan itulah nantinya akan memaksa dunia pendidikan untuk berbenah diri.”
Selain itu, fakta berupa contoh nyata yang disertakan terdapat pada kutipan “dunia kerja, misalnya, dapat dipastikan akan menuju pada spesialisasi dan profesionalisasi. sementara itu ada geseran apresiasi masyarakat terhadap nilai nilai kehidupan sehingga masyarakat menjadi longgar terhadap berperilaku yang kurang lazim dalam budaya Indonesia. misalnya, mencium pipi antara dua insan yang berlawanan jenis di remaja. itu semua menjurus kepada penyimpangan norma agama.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

Semoga membantu 😊