Paham yang timbul sebagai reaksi atas penindasan yang dilakukan oleh kaum bangsawan di masa perkembangan feodalisme dengan pemerintahan absolut adalah….

Paham yang timbul sebagai reaksi atas penindasan yang dilakukan oleh kaum bangsawan di masa perkembangan feodalisme dengan pemerintahan absolut adalah….

A. nasionalisme

B. demokrasi

C. sosialisme

D. liberalisme

E. pan-islamisme

Jawaban adalah D. liberalisme.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

Istilah liberalisme berasal dari bahasa Latin, libertas atau dalam bahaa Inggris disebut liberty yang artinya kebebasan. Liberalisme adalah suatu faham yang menghendaki adanya kebebasan. Kebebasan yang dimaksud adalah kebebasan untuk bertempat tinggal, kemerdekaan pribadi, hak untuk menentang penindasan, serta hak untuk mendapatkan perlindungan pribadi dan hak milik.

Sebagai suatu gerakan, liberalisme dimulai pada masa renaissance yang memperjuangkan kebebasan manusia dari kungkungan gereja atau agama dan kekuasaan raja. Saat itu, di masa feodalisme raja, bangsawan, dan gereja mendominasi seluruh kehidupan masyarakat. Rakyat tidak memiliki kebebasan dalam berpendapat dan bertindak. Keadaan tertekan ini menimbulkan kritik dari berbagai kalangan yang menginginkan kebebasan di semua bidang kehidupan.

Konsep kebebasan dalam bidang politik melahirkan pemikiran tentang negara yang demokrasi. Konsep bebas dalam bidang ekonomi membuat masyarakat menentang monopoli dan campur tangan pemerintah, rakyat menginginkan ekonomi bebas. Dalam bidang moral, liberalisme menjunjung tinggi kebebasan individu dan menentang otoriterisme. Dalam bidang agama, kaum liberal menginginkan kebebasan memilih agama sesuai dengan keyakinannya, bebas beribadah menurut agamanya, dan juga bebas untuk tidak menganut agama apapun. Urusan agama tidak boleh dicampur dengan urusan pemerintahan.

Dengan demikian, paham yang timbul sebagai reaksi atas penindasan yang dilakukan oleh kaum bangsawan di masa perkembangan feodalisme dengan pemerintahan absolut adalah paham liberalisme.

Semoga membantu yaa :))