fbpx

Jelaskan faktor keberagaman bahasa,budaya,agama,dan suku!

Jelaskan faktor keberagaman bahasa,budaya,agama,dan suku!

Jadi, jawaban yang benar dari pertanyaan ini bahwa keragaman bahasa, budaya, agama, dan suku dipengaruhi beberapa faktor yaitu letak geografis wilayah Indonesia, Kondisi negara Indonesia yang bebentuk kepulauan, Kondisi masyarakat yang terbuka dengan informasi.

Berikut adalah penjelasannya.

Indonesia adalah negara yang kaya akan keragaman budaya, bahasa, agama dan suku. Keragaman Indonesia sudah dikenal oleh masyarakat luas dan menjadi keunikan negara Indonesia. Terbentuknya bahasa, budaya, agama, dan suku pada masyarakat dipengaruhi oleh beberapa faktor :
1. Kondisi geografis Indonesia, secara geografis wilayah Indonesia berada diantara dua benua dan dua samudera. Benua yang mengapit wilayah Indonesia adalah Benua Asia, dan Benua Australia. Samudera yang mengapit wilayah Indonesia adalah Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Kondisi ini wilayah Indonesia banyak menerima budaya baru yang dibawa oleh para pedagang yang transit di wilayah Indonesia.
2. Kondisi wilayah Indonesia yang berbentuk kepulauan menjadikan isolasi menjadikan batasan dari setiap masyarakat sehingga kondisi ini akan berdampak pada terbentuknya suku, budaya, agama, dan bahasa yang berbeda di setiap wilayah.
3. Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang sangat terbuka dengan perubahan. Hal ini dapat dilihat dengan cepatnya perubahan budaya masyarakat yang beragam.

Lagi Viral :  Sebuah akuarium berbentuk balok dengan ukuran panjang 50cm, lebar 30cm dan tinggi 30cm. Jika akuarium tersebut diisi air hingga penuh maka volume air pada akuarium adalah ... Cm3

Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa jawaban yang benar dari pertanyaan ini bahwa keragaman budaya, suku, agama, dan bahasa di Indonesia dipengaruhi oleh faktor geografis, bentuk wilayah Indonesia yang kepulauan, dan masyarakat yang terbuka dengan perubahan.

Semoga membantu.