Pernyataan-pernyataan diatas yang menunjukkan arti penting proklamasi bagi bangsa Indonesia ditunjukkan oleh nomor…

perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
(1) lahirnya negara kesatuan republik Indonesia (NKRI)
(2) titik tolak pelaksanaan amanat penderitaan rakyat
(3) puncak perjuangan pergerakan kemerdekaan
(4) sebagai awal perjuangan melawan kaum penjajah
(5) ikrar bahwa bangsa Indonesia belum bebas dari kaum penjajah
pernyataan-pernyataan diatas yang menunjukkan arti penting proklamasi bagi bangsa Indonesia ditunjukkan oleh nomor…
a.(1),(2),(3)
b.(1),(2),(4)
c.(2),(3),(4)
d.(3),(4),(5)

Jawaban untuk soal ini adalah C.

Berikut ini penjelasannya.
Sesuai dengan Pasal 1 ayat 1 UUD Negara Republik Indonesia, bahwa Negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk Republik. Di mana peristiwa Proklamasi menjadi simbol awal dibentuknya konstitusi, pemerintahan, dan wilayah yang sah. makna proklamasi bagi bangsa Indonesia yang terkandung dalam naskah proklamasi yaitu:
1. Proklamasi merupakan puncak perjuangan bangsa Indonesia mengusir penjajah untuk mendapatkan hak sebagai bangsa yang merdeka dan tidak ditindas oleh bangsa dan negara lain serta memiliki kedudukan yang sederajat.
2. Secara hukum, proklamasi merupakan lahirnya negara Indonesia yang berarti bahwa hukum kolonial (penjajah) sudah tidak berlaku lagi dan diganti dengan hukum Nasional.
3. Proklamasi merupakan amanat rakyat untuk mewujudkan negara yang melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan perdamaian abadi dan keadilan sosial.
4. Proklamasi merupakan jembatan emas bagi bangsa Indonesia untuk mengisi kemerdekaan Indonesia, membentuk pemerintahan negara yang diakui oleh rakyatnya sehinga dapat mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah C ((2),(3),(4)).

Semoga membantu ya..