fbpx

Bagaimana perbedaan kehidupan masyarakat pada masa Orde Baru dengan masa reformasi? jelaskan!

Bagaimana perbedaan kehidupan masyarakat pada masa Orde Baru dengan masa reformasi? jelaskan!

Perbedaan kehidupan masyarakat pada masa Orde Baru dengan masa Reformasi, yaitu pada masa Orde Baru pemerintah cenderung represif terhadap rakyat yang mengemukakan pendapat, sedangkan pada masa Reformasi terdapat kebebasan berpendapat.

Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut.

Masa pemerintahan Orde Baru yang berlangsung sejak tahun 1966 harus berakhir pada tahun 1998. Berakhirnya masa pemerintahan Orde Baru tersebut disebabkan oleh krisis multidimensional yang melanda Indonesia. Beberapa krisis tersebut, seperti maraknya praktik KKN, krisis moneter, hingga berbagai pelanggaran HAM. Masa pemerintahan Orde Baru kemudian digantikan dengan masa Reformasi.

Terdapat sejumlah perbedaan pada kehidupan masyarakat pada masa Reformasi jika dibandingkan dengan masa Orde Baru. Salah satu perbedaan yang mencolok ialah ketika pada masa Reformasi ialah adanya kebebasan berpendapat bagi masyarakat. Kebebasan berpendapat ini meliputi pemberian kritik dan saran terhadap setiap kebijakan pemerintah. Hal ini tentu berbeda dengan masa Orde Baru, di mana pemerintah cenderung bersikap represif terhadap aspirasi rakyat.

Jadi, perbedaan kehidupan masyarakat pada masa Orde Baru dengan masa Reformasi, yaitu pada masa Orde Baru pemerintah cenderung represif terhadap rakyat yang mengemukakan pendapat, sedangkan pada masa Reformasi terdapat kebebasan berpendapat.

Semoga membantu. 😊

Lagi Viral :  Tentukan keliling daerah yang diarsir pada gambar berikut.