Bangsa Yunani-Romawi Kuno telah mewariskan dasar-dasar peradaban modern. SEBAB Pada era Yunani-Romawi Kuno, ilmu pengetahuan telah berkembang dengan baik.

Bangsa Yunani-Romawi Kuno telah mewariskan dasar-dasar peradaban modern.
SEBAB
Pada era Yunani-Romawi Kuno, ilmu pengetahuan telah berkembang dengan baik.

A. Jika pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab akibat.
B. Jika pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab akibat.
C. Jika pernyatan salah dan alasan benar.
D. Jika pernyataan salah dan alasan benar.
E. Jika pernyataan dan alasan keduanya salah.

Jawaban yang tepat untuk pertanyaan di atas adalah A.

Untuk lebih detailnya, yuk simak penjelasan berikut.

Peradaban Yunani dikatakan sebagai dasar bagi peradaban barat modern. Diantaranya yaitu seni pahat dan bangunan menjadi salah satu kebanggaan Yunani masa lalu dan sekarang. Peninggalan-peninggalanya dibangun dengan gaya arsitektur yang tinggi juga kokoh, misalnya Acropolis yang dibangun pada masa peradaban Mycenae, Epidaurus (gedung kesenian) Kuil Pathenon (Kuil Dewi Athena), Kuil Erectheum. Karya sastra yang ditulis lebih banyak menceritakan tentang perjuangan (heroik), seperti Homerus dan Odyssea. Dalam bidang ilmu pengetahuan, orang Yunani yang menjadikan konsep alam dan hidup keseharian manusia ke dalam bentuk filsafat. Filsafat ini berisi penalaran dalam bentuk metode yang masuk akal (logis) dan penyelidikan suatu objek pengamatan hingga ke bagian terkecil.Tokoh-tokoh filsuf (ahli filsafat) asal Yunani yang dikenal hingga sekarang di antaranya:
(a) Thales, adalah Bapak Pengetahuan Yunani yang mengambil pelajaran astronomi dari Mesir dan Persia.
(b) Socrates, ahli etika dan kesusilaan.
(c) Plato, ahli bidang tata negara dan hukum.
(d) Pithagoras, ahli matematika dan ilmu ukur.
(e) Hippocrates, ahli kedokteran.
(f) Heraclitus, ahli ilmu pengetahuan alam.

Sedangkan peninggalan bangsa Romawi Kuno, yaitu dalam seni bangun dengan gaya arsitektural yang indah dan kekuatannya yang kokoh masih dapat ditemui di Italia, diantaranya adalah bangunan yang terkenal amphiteather di Coloseum, bangunan ini digunakan untuk mempertontonkan adu gladiator. Dalam dunia sastra banyak ditemukan hasil sastra yang dijadikan bahan literatur untuk belajar bahasa latin. Hasil karya
yang terkenal antara lain:
(a) Epos Aeneas oleh Vergulius.
(b) Ode dan Satire oleh Horatius.
(c) Amores oleh Ovidius.
(d) De Bello Civili oleh Lucan.
(e) Historia, Annuarium, dan Germania oleh Tacitus

Berdasarkan pemaparan di atas, peradaban Romawi dan Yunani merupakan dasar peradaban modern saat ini. Banyak ditemukan dasar ilmu pengetahuan yang ditemukan sejak masa Romawi-Yunani Kuno. Terlihat dari penemuan ilmu pengetahuan yang telah ada sejak masa Romawi dan Yunani. Oleh karena itu, pernyataan sebab akibat tersebut benar dan berhubungan sebab-akibat.

Semoga membantu ya.