Kemiskinan menurut pendapat anda

kemiskinan menurut pendapat anda

Kemiskinan adalah suatu kondisi ketika adanya ketidakmampuan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan dasar hidupnya sesuai dengan standar yang berlaku.

Yuk simak penjelasannya berikut ini!

Kemiskinan adalah suatu kondisi ketika adanya ketidakmampuan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan dasar hidupnya sesuai dengan standar yang berlaku. Terdapat berbagai bentuk kemiskinan, antara lain:

1) kemiskinan subjektif, yakni kemiskinan akibat pola pikir manusia dalam membandingkan kondisi kebutuhan individu.

2) kemiskinan absolut, yakni kondisi individu atau kelompok yang kehidupannya sangat berada di bawah standar kualitas hidup yang layak. Bahkan tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan pokok seperti sandang, pangan, dan papan termasuk pendidikan.

3) kemiskinan kultural, yakni kemiskinan yang terjadi akibat sikap atau kebiasaan individu/masyarakat yang cenderung santai dan tidak memiliki kemauan kuat untuk memperbaiki taraf hidup serta hanya cenderung menyalahkan kondisi.

4) kemiskinan structural, yakni kondisi kemiskinan akibat ketidakmampuan lembaga pemerintah dalam menghubungkan masyarakat dengan sumber daya yang dimiliki.

5) kemiskinan alamiah, yakni kemiskinan yang timbul akibat kelangkaan sumber daya alam yang dimiliki sehingga tidak ada hal yang dapat dikelola.