fbpx

Rahmat, Rina, Reni, Rendra, dan Raharja adalah siswa kelas VIII di SMP Ramandika. Mereka selalu belajar bersama dalam satu grup belajar. Hari ini pembagian hasil ujian Kimia dan nilai mereka cukup memuaskan. Hasilnya nilai Rahmat lebih dari nilai Reni, nilai Raharja kurang dari nilai Rendra. Tidak ada anak yang nilainya sama. Anak yang nilainya paling tinggi akan menjadi ketua grup.

Rahmat, Rina, Reni, Rendra, dan Raharja adalah siswa kelas VIII di SMP Ramandika. Mereka selalu belajar bersama dalam satu grup belajar. Hari ini pembagian hasil ujian Kimia dan nilai mereka cukup memuaskan. Hasilnya nilai Rahmat lebih dari nilai Reni, nilai Raharja kurang dari nilai Rendra. Tidak ada anak yang nilainya sama. Anak yang nilainya paling tinggi akan menjadi ketua grup.

Jika yang menjadi ketua grup adalah Rahmat maka …
(A) Nilai Reni lebih dari nilai Rendra
(B) Nilai Raharja kurang dari nilai Reni
(C) Nilai Rina kurang dari nilai Rahmat
(D) Nilai Rendra adalah yang tertinggi
(E) Nilai Raharja adalah yang terendah

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah (C) Nilai Rina kurang dari nilai Rahmat

Untuk memahami alasannya, simak pembahasan berikut.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), simpulan adalah keputusan yang diambil dari cara berpikir baik secara deduktif maupun induktif dari suatu gagasan atau pembahasan. Selain itu simpulan juga dapat diartikan sebagai pendapat terakhir yang bersifat komprehensif dari sebuah teks/pembicaraan yang dapat memberikan informasi kepada pembaca/pendengar secara singkat.

Dalam bahasa Indonesia ada beberapa cara penarikan kesimpulan, di antaranya:
1. Metode deduksi. Cara penarikan kesimpulan dengan metode adalah membuat kesimpulan dengan memaparkan masalah dari hal yang umum ke khusus dan menghubungkan data atau fakta dengan dengan inti permasalahan yang akan dicari untuk memperoleh sebuah gambaran.
2. Metode analogi. Cara penarikan kesimpulan ini dengan metode membandingkan dua hal yang berbeda namun memiliki kesamaan segi, fungsi , maupun ciri. Metode ini banyak dipakai dalam pengambilan kesimpulan yang bersifat ilmiah seperti dalam penulisan sebuah skripsi atau pada penelitian tertentu agar lebih sederhana dan mudah dipahami.
3. Metode korelasi. Cara penarikan kesimpulan dengan metode ini menghubungkan suatu konsep dengan konsep lainnya agar menjadi lebih padu. Metode ini digunakan dengan maksud untuk menegaskan kembali gagasan di bagian awal yang telah dipaparkan sebelumnya.

Lagi Viral :  Bacalah teks berikut dengan saksama! Keberhasilan tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, meraih medali perunggu di Olimpiade 2020 membuatnya masuk dalam lingkaran mitos Olimpiade. Ada sebuah mitos yang terjadi di cabang olahraga bulutangkis Olimpiade. Utamanya di nomor tunggal putra. Peraih medali perunggu akan meraih medali emas di Olimpiade berikutnya. Mitos itu berlaku sejak Olimpiade 2012 di London, lalu terangkai ke Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, dan berlanjut di Olimpiade Tokyo 2020 tahun ini. Di Olimpiade 2012, pebulutangkis China, Chen Long, yang tampil pertama kalinya di Olimpiade berhasil meraih medali perunggu. Kala itu, usianya 23 tahun. Empat tahun kemudian, chen Long mampu meraih medali emas Olimpiade 2016. Di final, dia mengalahkan pebulutangkis andalan Malaysia, Lee Chong Wei yang mengalahkannya di semifinal Olimpiade 2012. Di Olimpiade 2016 ini pula, pebulutangkis Denmark, Viktor Axelsen yang berusia 22 tahun, mengawali penampilanya di Olimpiade. Dia mampu meraih medali perunggu. Di semifinal, dia dikalahkan Chen Long. Axelsen lantas memenangi perebutan medali perunggu melawan Lin Dan. (Sumber: https://www.kompasiana.com/hadi. santoso/610f82a46e7f0 1072d318202/anthony-ginting-masuk-lingkaran-mitos-medali-emas-olimpiade) Gagasan utama teks tersebut adalah

Untuk Penarikan kesimpulan pada soal di atas kita gunakan metode korelasi dan logika.

Sesuai dengan penjelasan pada teks, “Anak yang nilainya paling tinggi akan menjadi ketua grup.” Sudah dipastikan nilai Rahmat adalah yang paling tertinggi karena Rahmat ditunjuk menjadi ketua grup. Maka, pernyataan yang tepat “Nilai Rina kurang dari nilai Rahmat”.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

Semoga membantu.😊