Peradaban masyarakat lembah Sungai Nil termasuk salah satu peradaban kuno yang cukup tinggi karena telah mengenal …. (1) cara bercocok tanam (2) huruf (3) tata kota tertentu (4) kepercayaan monoteis

Peradaban masyarakat lembah Sungai Nil termasuk salah satu peradaban kuno yang cukup tinggi karena telah mengenal ….
(1) cara bercocok tanam
(2) huruf
(3) tata kota tertentu
(4) kepercayaan monoteis

A. 1, 2, dan 3 SAJA yang benar.
B. 1 dan 3 SAJA yang benar.
C. 2 dan 4 SAJA yang benar.
D. HANYA 4 yang benar.
E. SEMUA pilihan benar.

Jawaban yang tepat dari pertanyaan di atas adalah A.

Untuk lebih detailnya, yuk pahami penjelasan berikut:

Peradaban Mesir Kuno telah berkembang jauh sebelum masehi. Hal ini dikarenakan Mesir memiliki keunggulan dalam berbagai bidang, diantaranya:

1. Pola hidup bangsa Mesir sangat menggantungkan diri kepada kondisi sungai Nil, apabila musim hujan mereka akan bercocok tanam dan apabila musim kemarau mereka akan menghindar. Kemampuan bercocok tanam ini bertahan lama sampai jumlah populasinya bertambah banyak dan mengharuskan bangsa Mesir mengembangkan sistem pengaturan air yang baik dan bisa dipergunakan setiap saat.
2. Bangsa Mesir mengenal banyak dewa (politeisme), juga mengenal kepercayaan bahwa roh orang mati tidak akan meninggal.
3. Hieroglyph adalah nama huruf kebudayaan Mesir Kuno. Bentuk hurufnya adalah piktograf dimana setiap gambar mewakili satu huruf. Hieroglyph ini ditulis pada sebuah media kertas dari papirus, tumbuhan, atau dipahat.
4. Peninggalan-peninggalan Mesir berupa patung dan bangunan yang besar menunjukkan adanya teknologi pembuatannya, apalagi semua ukuran patung dan bangunan tersebut berukuran besar, seperti piramida (makam para Firaun), sphinx (singa berkepala manusia sebagai lambang kekuatan dan kebijaksanaan) dan obelisk (tugu batu untuk memuja Dewa Amon Ra). 5. Pembangunan kuil di Karnak juga menggambarkan tata kota Mesik Kuno masa itu.

Jadi, hal hal diatas merupakan beberapa bukti kemajuan peradaban Mesir Kuno, meski masih ada beberapa hal lagi yang menjadi unggulan Mesir.

Semoga membantu ya.