fbpx

Kelebihan asam lemak jenuh dalam tubuh akan mengakibatkan penumpukan lemak didalam arteri dalam jangka panjang akan menyebabkan….

Kelebihan asam lemak jenuh dalam tubuh akan mengakibatkan penumpukan lemak didalam arteri dalam jangka panjang akan menyebabkan….

Jawabannya adalah : penyakit jantung dan stroke.

Pembahasan :
Ada tiga macam jenis lemak yaitu lemak jenuh, lemak tak jenuh, dan lemak trans. Lemak terbentuk dari dua jenis molekul, yaitu asam lemak dan gliserol.

Lemak jenuh atau biasa disebut asam lemak jenuh tidak memiliki ikatan rangkap (double bond) di antara atom-atom karbonnya sehingga strukturnya penuh dengan hidrogen. Asam lemak jenuh memiliki jumlah atom karbon yang bervariasi mulai dari tiga (asam propionat) hingga 36 (asam heksatriakontanoat).

Asam lemak jenuh terdapat dalam berbagai jenis produk makanan. Produk hewani yang mengandung banyak lemak jenuh diantaranya adalah krim, keju, mentega, minyak samin, lemak babi, dan lemak yang menempel pada daging. Sedangkan hasil tanaman yang mengandung banyak lemak jenuh diantaranya adalah minyak kelapa, minyak biji kapas, minyak inti sawit, dan mentega coklat.

Batas asupan lemak jenuh ternyata berbeda antara satu orang dengan yang lainnya. Pada pria, batas konsumsi lemak jenuh adalah 30 gram per hari, sementara untuk wanita tidak lebih dari 20 gram. Asupan lemak jenuh secara berlebihan dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kardiovaskular (penyakit jantung). Hal ini terjadi karena adanya peningkatan kadar kolesterol “jahat” atau biasa disebut LDL (low-density lipoprotein) dalam darah. Jika penumpukan LDL ini terjadi di jantung, maka aliran darah di jantung akan terhambat sehingga mengakibatkan penyakit jantung. Jika penumpukan LDL terjadi di otak maka aliran darah di otak menjadi tidak lancar dan dapat mengakibatkan stroke.

—> perhatikan beberapa contoh struktur asam lemak jenuh pada gambar terlampir.

Semoga membantu ya,

Kelebihan asam lemak jenuh dalam tubuh akan mengakibatkan penumpukan lemak didalam arteri dalam jangka panjang akan menyebabkan....

Lagi Viral :  sebutan faktor faktor yang berpengaruh terhadap kecepatan rambat gelombang transversal dalam dawai