fbpx

Susu sapi mengandung lemak dan vitamin yang lebih banyak dibanding yoghurt, sementara susu sapi mengandung lebih rendah protein dibanding yoghurt. Namun, yoghurt diperkaya juga dengan probiotik atau bakteri baik yang hidup di sistem pencernaan. Beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa konsumsi yoghurt secara rutin dapat mencegah obesitas. Pernyataan yang benar adalah…

Susu sapi mengandung lemak dan vitamin yang lebih banyak dibanding yoghurt, sementara susu sapi mengandung lebih rendah protein dibanding yoghurt. Namun, yoghurt diperkaya juga dengan probiotik atau bakteri baik yang hidup di sistem pencernaan. Beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa konsumsi yoghurt secara rutin dapat mencegah obesitas.
Pernyataan yang benar adalah…

a. Jika banyak meminum yoghurt, maka mengurangi resiko obesitas
b. Obesitas disebabkan oleh kurangnya minum yoghurt
c. Jika banyak minum susu sapi, maka pasti mengalami obesitas
d. Jika kita banyak mengkonsumsi susu sapi dibandingkan yoghurt, maka kita terhindar dari obesitas
e. Semua pernyataan salah

Jawaban soal di atas adalah e. Semua pernyataan salah

Untuk memahami alasannya, simak pembahasan berikut.

Paragraf adalah bagian suatu karangan yang di dalamnya terdapat lebih dari satu kalimat yang berisi satu gagasan utama dan beberapa gagasan pendukung. Di dalam paragraf terdapat informasi.

Informasi adalah sekumpulan data dan fakta yang dikemas dan disusun agar menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi penerimanya. Informasi dalam sebuah paragraf dapat dibedakan menjadi informasi tersurat dan tersirat.
1. Informasi tersurat : informasi yang telah tertulis secara eksplisit atau langsung di dalam teks. Informasi ini dapat ditemukan pada tiap-tiap kalimat dalam teks tersebut.
2. Informasi tersirat: informasi yang tidak tertulis secara langsung dalam teks. Maka untuk mendapatkannya harus melalui proses pengambilan simpulan dari informasi tersebut.

Langkah-langkah menemukan informasi:
1. Membaca judul teks. Langkah pertama yang dapat dilakukan untuk menemukan informasi pada teks adalah dengan membaca judulnya. Judul akan memberikan gambaran besar akan pembahasan/isi teks.
2. Skimming atau kegiatan membaca sekilas. Tujuan skimming adalah menemukan informasi tertentu yang dibutuhkan. Skimming dapat membentuk keterampilan berpikir logis, cermat, dan sistematis dalam mencari informasi penting dalam penyelesaian masalah.
3. Mencatat isi pokok bacaan. Mencatat isi pokok bacaan menjadi langkah terakhir untuk menemukan informasi penting dalam teks. Langkah ini dapat dilakukan dengan menggunakan teknik adiksimba yang merupakan singkatan dari apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, bagaimana.

Sesuai dengan paragraf di atas, informasi yang didapatkan adalah:
1. Susu sapi mengandung lemak dan vitamin yang lebih banyak dibanding yoghurt.
2. Susu sapi mengandung lebih rendah protein dibanding yoghurt.
3. Yoghurt diperkaya juga dengan probiotik atau bakteri baik yang hidup di sistem pencernaan.
4. Konsumsi yoghurt secara rutin dapat mencegah obesitas.
Dari informasi yang diperoleh dapat disimpulkan tidak ada pernyataan yang sesuai dengan teks pada pilihan di atas.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.

Semoga membantu.😊