Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Modifikasi data lama dengan data yang baru dalam pembuatan peta dapat dilakukan dengan menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG). SEBAB SIG merupakan teknik yang mampu untuk mengubah data lama diganti dengan data baru. Pernyataan yang tepat tentang kedua kalimat di atas adalah …

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan.

Modifikasi data lama dengan data yang baru dalam pembuatan peta dapat dilakukan dengan menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG).
SEBAB
SIG merupakan teknik yang mampu untuk mengubah data lama diganti dengan data baru.

Pernyataan yang tepat tentang kedua kalimat di atas adalah …
a. Pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat.
b. Pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat.
c. Pernyataan benar dan alasan salah.
d. Pernyataan salah dan alasan benar.
e. Pernyataan dan alasan salah.

jawaban untuk soal ini adalah C.

Berikut adalah penjelasannya.

Sistem Informasi Geografis (SIG) adalah sebuah sistem informasi yang dapat mengumpulkan, mengolah, menyimpan serta menghasilkan data serta informasi spasial geografis. Pengolahan data dapat berupa modifikasi data lama menjadi data baru dalam menghasilkan peta. SIG memiliki peran penting dalam pembangunan yang meliputi proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dengan perangkat komputer. Penjelasan tersebut menyatakan bahwa pernyataan benar.

SIG bukan mengubah keseluruhan data lama menjadi data baru, namun memanfaatkan data lama, dilakukan modifikasi dari data lain sehingga menghasilkan data baru. Penjelasan tersebut menyatakan bahwa alasan salah.

Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa pada soal pernyataan benar dan alasan salah. Jadi, jawaban yang benar adalah C.

Semoga membantu ya!