Bagaimana mekanisme terjadinya celiac

bagaimana mekanisme terjadinya celiac

Jawaban yang benar adalah mekanisme terjadinya penyakit celiac diawali saat sistem kekebalan tubuh bereaksi tidak normal terhadap gliadin lalu sistem imun tubuh penderita akan menganggapnya sebagai ancaman dan memproduksi antibodi untuk melawannya, antibodi tersebut dapat menyebabkan peradangan pada usus dan mengganggu proses pencernaan sehingga terjadilah penyakit celiac.

Pembahasan:
Penyakit celiac merupakan penyakit autoimun yang gejalanya muncul akibat mengonsumsi makanan yang mengandung gluten. Penyakit celiac dapat menyebabkan keluhan pada sistem pencernaan dan dapat menimbulkan komplikasi serius jika tidak tertangani.

Gluten merupakan jenis protein yang dapat ditemukan di makanan yang umumnya terbuat dari tepung, seperti roti, pasta, sereal, dan biskuit. Protein ini berfungsi membuat adonan roti atau makanan menjadi elastis dan kenyal. Gluten umumnya aman untuk dikonsumsi. Namun pada penderita penyakit celiac, sistem kekebalan tubuh bereaksi berlebihan terhadap gluten. Reaksi tersebut akan menyebabkan peradangan sehingga lama-kelamaan dapat merusak lapisan usus halus dan mengganggu proses penyerapan nutrisi.

Proses terjadinya penyakit celiac diawali saat sistem kekebalan tubuh bereaksi tidak normal terhadap gliadin, yaitu komponen protein yang terkandung di dalam gluten. Sistem imun tubuh penderita celiac akan menganggap gliadin sebagai ancaman dan memproduksi antibodi untuk melawannya. Antibodi itulah yang menyebabkan peradangan pada usus dan mengganggu proses pencernaan.

Jadi, mekanisme terjadinya penyakit celiac diawali saat sistem kekebalan tubuh bereaksi tidak normal terhadap gliadin lalu sistem imun tubuh penderita akan menganggapnya sebagai ancaman dan memproduksi antibodi untuk melawannya, antibodi tersebut dapat menyebabkan peradangan pada usus dan mengganggu proses pencernaan sehingga terjadilah penyakit celiac.