Contoh peranan bioteknologi di bidang lingkungan adalah …..

Ilmu Biologi berkembang pesat di berbagai bidang kehidupan. Salah satu cabang Biologi yang termasuk ilmu terapan adalah bioteknologi. Contoh peranan bioteknologi di bidang lingkungan adalah …..
a. pembuatan dan penggunaan obat sintetik
b. mengontrol proses kimia dalam tubuh makhluk hidup
c. mendeteksi penyakit yang menyerang hewan dan tumbuhan
d. mengendalikan penyebaran penyakit di suatu daerah
e. penggunaan bakteri untuk mengurai tumpahan minyak di pantai

Pilihan jawaban yang tepat adalah E, yaitu penggunaan bakteri untuk mengurai tumpahan minyak di pantai.

Bioteknologi adalah teknik yang memanfaatkan agen hayati untuk meproduksi dan meningkatkan nilai suatu produk. Bioteknologi dibedakan menjadi bioteknologi konvensional dan bioteknologi modern. Bioteknologi telah banyak memberikan dampak positif bagi lingkungan, misalnya penggunaan bakteri untuk mengurai tumpahan minyak di pantai.

Penggunaan bakteri untuk mengurai tumpahan minyak di pantai dilakukan melalui proses yang disebut bioremediasi. Remediasi merupakan upaya untuk memulihkan atau membersihkan suatu wilayah dari bahan-bahan pencemar. Remediasi dengan menggunakan makhluk hidup disebut bioremediasi.

Bakteri yang biasa digunakan untuk proses bioremediasi adalah ????????????????????????????????????????????, ????????????????????????????????????, ????????????????????????????????????????????????????, ????????????????????????????????????????????????, dan ????????????????????????????????????????????. Bakteri-bakteri ini dapat “memakan” partikel-partikel tumpahan minyak yang berbahaya tadi menjadi partikel yang mampu diurai, sehingga tidak membahayakan lagi.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah E.

Semoga membantu yaa!