fbpx

Urutan komponen organisasi kehidupan dari tingkatan sederhana hingga kompleks adalah….

1. jaringan
2. sel
3. komunitas
4. bioma
5. organisme
6. populasi
7. ekosistem
8. organ
9. sistem organ
10. biosfer
Urutan komponen organisasi kehidupan dari tingkatan sederhana hingga kompleks adalah….
a. 1-2-3-4-5-6-7-8-9-10
b. 2-1-8-9-5-6-3-7-4-10
c .2-1-9-8-6-5-3-7-4-10
d .10-4-7-3-6-5-9-8-1-2

Jawabannya adalah B, 2-1-8-9-5-6-3-7-4-10.

Organisasi kehidupan adalah tingkatan kelompok makhluk hidup dari yang paling sederhana hingga yang paling kompleks. Urutan dari organisasi kehidupan adalah sel, jaringan, organ, sistem organ, organisme, populasi, komunitas, ekosistem, bioma, dan biosfer.

Tingkatan organisasi kehidupan dalam biologi terdiri dari :
1. Sel, yaitu unit struktural dan fungsional terkecil yang menyusun tubuh makhluk hidup. Contoh sel yaitu sel otot, sel saraf, dan sel darah.

2. Jaringan, yaitu kumpulan sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama. Contohnya jaringan otot, jaringan saraf, dan jaringan darah.

3. Organ, yaitu sekumpulan jaringan yang menjalankan fungsi tertentu untuk membentuk alat tubuh. Contoh organ yaitu jantung, paru-paru, mata, dan lambung.

4. Sistem organ, yaitu sekelompok organ yang bekerja sama untuk membentuk dan menjalankan suatu fungsi yang berkesinambungan. Contoh sistem organ adalah sistem pernapasan yang terdiri dari hidung, laring, bronkus, bronkiolus, paru – paru.

5. Organisme atau individu, yaitu makhluk hidup tunggal. Contoh organisme yaitu seorang manusia, seekor kelinci, dan sebatang pohon.

6. Populasi, yaitu kumpulan individu sejenis yang menempati suatu daerah dalam waktu yang sama. Contoh populasi yaitu populasi padi di sawah dan populasi kambing di padang rumput.

7. Komunitas, yaitu kumpulan populasi dari berbagai spesies yang tinggal bersama dan saling berinteraksi satu sama lain di suatu tempat. Contoh komunitas yaitu komunitas padang rumput terdiri dari populasi rumput, populasi belalang, dan populasi cacing tanah.

8. Ekosistem, yaitu hubungan timbal balik antara makhluk hidup (komponen biotik) dengan lingkungannya (komponen abiotik). Contoh ekosistem yaitu ekosistem hutan, ekosistem danau.

9. Bioma, yaitu ekosistem darat yang mencakup daerah yang luas. Contoh bioma yaitu bioma tundra, bioma hutan hujan tropis, bioma padang rumput, dan bioma padang pasir.

10. Biosfer, yaitu interaksi semua ekosistem yang ada di bumi beserta atmosfer yang melingkupinya. Contoh biosfer adalah planet bumi yang dihuni makhluk hidup.

Lagi Viral :  Perhatikan gambar bus dan mobil yang sedang melaju berikut ini! Diketahui massa jus 10.000 kg dan massa mobil 500 kg. perbandingan energi kinetik jus dan energi kinetik mobil adalah ....

Dengan demikian, urutan komponen organisasi kehidupan dari tingkatan sederhana hingga kompleks adalah 2-1-8-9-5-6-3-7-4-10.