fbpx
Breaking News

Jelaskan Materi Aplikasi Bioteknologi Tradisional Di Bidang di bawah Ini

Jelaskan Materi Aplikasi Bioteknologi Tradisional Di Bidang di bawah Ini
1.pembuatan Tempe.
2.Hidroponik

Bioteknologi adalah suatu teknik yang memanfaatkan agen hayati untuk menghasilkan produk atau meningkatkan nilai suatu produk. Bioteknologi dibedakan menjadi bioteknologi konvensional/ tradisional dan bioteknologi modern. Pada contoh nomor 1 dan 2 termasuk dalam bioteknologi konvensional/ tradisional.

1. Pembuatan tempe merupakan contoh penerapan bioteknologi tradisional dengan prinsip fermentasi. Kedelai sebagai bahan dasar tempe difermentasi oleh ragi π˜™π˜©π˜ͺ𝘻𝘰𝘱𝘢𝘴 𝘰𝘳𝘺𝘻𝘒𝘦 (suatu jenis jamur). Jamur ini memiliki enzim pengurai yang dapat memecah senyawa-senyawa pada kedelai. Umumnya proses fermentasi pada tempe membutuhkan waktu sekitar 2 hari.

2. Hidroponik adalah cara bercocok tanam tanpa menggunakan media tanah. Hidroponik dapat menjadi alternatif bertani tanpa menggunakan lahan seperti pada umumnya. Biasanya, pada tanaman budidaya hasil hidroponik memanfaatkan mikroba (sebagai pupuk alami) untuk membantu pertumbuhannya sehingga dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panen.

Semoga membantu ya!