Seseorang melakukan percobaan bioteknologi dengan membuat tempe dan tapai. Kedua produk tersebut dibuat dengan melakukan fermentasi pada kedelai dan singkong. Mikroorganisme yang di gunakan untuk membantu fermentasi tersebut adalah … 1 1

Seseorang melakukan percobaan bioteknologi dengan membuat tempe dan tapai. Kedua produk tersebut dibuat dengan melakukan fermentasi pada kedelai dan singkong. Mikroorganisme yang di gunakan untuk membantu fermentasi tersebut adalah …

Jawabannya yaitu, tempe dalam fermentasinya dibantu kapang ???????????????????????????????? ????????????????????????????????????????????, ???????????????????????????????? ????????????????????????. Sedangkan pembuatan tapai dibantu jamur ???????????????????????????????????????????????????? ????????????????????????????????????????.

Tempe adalah salah satu produk fermentasi yang umumnya berbahan baku kedelai yang difermentasi dan mempunyai nilai gizi yang baik. Fermentasi pada pembuatan tempe terjadi karena aktivitas kapang Rhizopus oligosporus dan Rhizopus oryzae.

Fermentasi pada tempe dapat menghilangkan bau langu dari kedelai yang disebabkan oleh aktivitas dari enzim lipoksigenase.
Proses pembuatan tape melibatkan proses fermentasi yang dilakukan oleh jamur Saccharomyces cerevisiae. Jamur ini memiliki kemampuan dalam mengubah karbohidrat (fruktosa dan glukosa) menjadi alkohol dan karbondioksida.

Oleh karena itu, tempe dalam fermentasinya dibantu kapang ???????????????????????????????? ????????????????????????????????????????????, ???????????????????????????????? ????????????????????????. Sedangkan pembuatan tapai dibantu jamur ???????????????????????????????????????????????????? ????????????????????????????????????????.