jelaskan salah satu contoh hewan yang bermigrasi menggunakan Medan magnet

jelaskan salah satu contoh hewan yang bermigrasi menggunakan Medan magnet

contoh hewan yang memanfaatkan medan magnet untuk bermigrasi adalah burung, ikan salmon, dan bakteri.

Pembahasan:
Medan magnet, dalam ilmu fisika, adalah suatu medan yang dibentuk dengan menggerakkan muatan listrik yang menyebabkan munculnya gaya di muatan listrik yang bergerak lainnya.

Berikut ini adalah beberapa hewan yang menggunakan medan magnet sebagai navigasi untuk bermigrasi:

1. Burung.
Beberapa jenis burung, misal burung elang dan burung layanglayang, melakukan migrasi pada tiap musim tertentu. Burung tersebut menggunakan partikel magnetik yang ada pada tubuhnya untuk menciptakan “peta” navigasi dengan memanfaatkan medan magnet bumi.

2. Ikan salmon
Salmon memiliki kemampuan untuk kembali ke aliran sungai air tawar tempat awal mereka menetas dan tumbuh setelah berenang ribuan mil mengarungi lautan. Penelitian dilakukan terhadap ikan salmon yang melewati Sungai Fraser di Canada dan kembali ke Sungai Fraser lagi setelah dua tahun bermigrasi mengarungi Samudra Pasidik. Hal ini dikarenakan sungai Fraser memiliki medan magnet tertentu yang dapat dideteksi oleh ikan salmon.

3. Bakteri
Magnetotactic bacteria merupakan kelompok bakteri yang mampu melakukan navigasi dan bermigrasi dengan memanfaatkan medan magnet. Beberapa jenis bakteri ini memiliki flagela yang berfungsi sebagai pendorong.

Jadi, contoh hewan yang memanfaatkan medan magnet untuk bermigrasi adalah burung, ikan salmon, dan bakteri.