fbpx

Sebuah kawat penghantar lurus dan panjang dialiri arus listrik dari barat ke timur. Kawat tersebut berada di dalam medan magnetik yang arahnya ke utara. Ke manakah arah gaya Lorentz yang terjadi? Gambarkan skema terjadinya gaya Lorentz pada peristiwa tersebut.

4. Sebuah kawat penghantar lurus dan panjang dialiri arus listrik dari barat ke timur. Kawat tersebut berada di dalam medan magnetik yang arahnya ke utara. Ke manakah arah gaya Lorentz yang terjadi? Gambarkan skema terjadinya gaya Lorentz pada peristiwa tersebut.

jawaban yang benar dari pertanyaan di atas adalah ke atas.

Gaya Lorentz adalah gaya yang timbul akibat adanya arus listrik dalam suatu medan magnet. Jadi, jika kita memiliki suatu benda konduktor yang berada di dalam medan magnet, kemudian kita aliri benda tersebut dengan arus listrik, maka akan timbul suatu gaya yang mampu menggerakkan benda tersebut.

Persamaan matematis untuk mencari gaya Lorentz yaitu:
F = B.I.L
dimana:
F = gaya Lorentz (N)
B = medan magnet (T)
I = arus listrik (A)
L = panjang kawat (m)

Sementara itu, untuk menentukan arah gaya Lorentz dapat menggunakan kaidah tangan kanan seperti gambar berikut.

Sebuah kawat penghantar lurus dan panjang dialiri arus listrik dari barat ke timur. Kawat tersebut berada di dalam medan magnetik yang arahnya ke utara. Maka arah gaya Lorentz yang diwakili dengan telapak tangan kanan akan menghadap ke atas atas atau keluar dari bidang menuju pembaca.

Jadi, arah gaya Lorentz yang terjadi adalah menuju ke atas.