fbpx

Sebutkan contoh kalimat yang menggunakan konjungsi penerang “yaitu”

sebutkan contoh kalimat yang menggunakan konjungsi penerang “yaitu”

Contoh kalimat yang menggunakan kata ‘yaitu’ sebagai konjungsi penerang adalah “Salah satu penyebab penyebaran virus Covid 19 yang sangat cepat yaitu masyarakat tidak mematuhi protokol kesehatan”.

Yuk, simak pembahasan berikut.

Konjungsi sering disebut pula sebagai kata penghubung antarkata, antarklausa, antarkalimat atau antarparagraf. Dalam penggunaannya, konjungsi tidak mengandung suatu makna atau tujuan tertentu karena konjungsi memang hanya berperan sebagai kata penghubung atau kata sambung saja.

Macam dan jenis konjungsi dalam bahasa Indonesia cukup banyak, salah satu jenisnya adalah konjungsi penerang. Konjungsi penerang merupakan konjungsi yang berfungsi untuk menjelaskan atau menerangkan suatu kejadian di dalam kalimat. Kata yang digunakan dalam konjungsi penerang adalah “yakni, yaitu, dan bahwa”.

Contoh kalimat yang menggunakan kata ‘yaitu’ sebagai konjungsi penerang adalah “Salah satu penyebab penyebaran virus Covid 19 yang sangat cepat yaitu masyarakat tidak mematuhi protokol kesehatan”. Kalimat tersebut terdiri atas dua klausa, yaitu (1) “Salah satu penyebab penyebaran virus Covid 19 yang sangat cepat” dan (2) “masyarakat tidak mematuhi protokol kesehatan”. Frasa (2) merupakan penerang atau penjelasan terhadap frasa (1), sehingga tepat jika menggunakan konjungsi ‘yaitu’.

Dengan demikian, contoh kalimat yang menggunakan kata ‘yaitu’ sebagai konjungsi penerang adalah “Salah satu penyebab penyebaran virus Covid 19 yang sangat cepat yaitu masyarakat tidak mematuhi protokol kesehatan”.

Semoga membantu.