fbpx

Perempuan memang paling rentan terhadap anemia, terutama anemia karena kekurangan zat besi. (2) Darah memang sangat penting bagi perempuan, terutama pada saat hamil, zat besi itu dibagi dua, yaitu bagi si ibu dan janinnya. (3) Apabila si ibu anemia, bisa terjadi abortus, lahir prematur, dan juga kematian ibu melahirkan. (4) Padahal, kita ingat, di Indonesia, angka kematian ibu melahirkan dan kematian bayi masih cukup tinggi. (5) Bahkan, bagi janin, zat besi juga dibutuhkan, terutama juga ada kaitannya dengan kecerdasan. Contoh istilah dalam cuplikan teks tersebut adalah…

Perempuan memang paling rentan terhadap anemia, terutama anemia karena kekurangan zat besi. (2) Darah memang sangat penting bagi perempuan, terutama pada saat hamil, zat besi itu dibagi dua, yaitu bagi si ibu dan janinnya. (3) Apabila si ibu anemia, bisa terjadi abortus, lahir prematur, dan juga kematian ibu melahirkan. (4) Padahal, kita ingat, di Indonesia, angka kematian ibu melahirkan dan kematian bayi masih cukup tinggi. (5) Bahkan, bagi janin, zat besi juga dibutuhkan, terutama juga ada kaitannya dengan kecerdasan.

Contoh istilah dalam cuplikan teks tersebut adalah…

Istilah cuplikan di atas adalah “anemia”, “zat bezi”, “hamil”, “janin”, “abortus”, dan “prematur”.

Untuk memahami jawaban soal tersebut, perhatikan pembahasan berikut.

Istilah atau kata teknis adalah kata-kata yang digunakan pada bidang tertentu.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, istilah adalah kata atau gabungan kata yang dengan cermat mengungkapkan makna konsep, proses, keadaan, atau sifat yang khas dalam bidang tertentu. Penggunaan kata teknis biasanya sering ditemukan dalam teks ilmiah atau teks nonfiksi lainnya.

Cara menentukan kata teknis dalam sebuah teks adalahh sebagai berikut.
1. Bacalah teks dengan saksama.
2. Catat kata-kata yang dianggap asing.
3. Temukan makna kata tersebut.
4. Analisis kata tersebut sesuai dengan maknanya.

Kata teknis dalam kutipan teks di atas adalah sebagai berikut.
1. Kata “anemia” terdapat dalam kalimat (1), yaitu “Perempuan memang paling rentan terhadap anemia, terutama anemia karena kekurangan zat besi.”
2. Kata “zat besi”, “hamil”, dan “janin” terdapat pada kalimat (3), yaitu “Darah memang sangat penting bagi perempuan, terutama pada saat hamil, zat besi itu dibagi dua, yaitu bagi si ibu dan janinnya.”
3. Kata “abortus” terdapat pada kalimat (3), yaitu “Apabila si ibu anemia, bisa terjadi abortus, lahir prematur, dan juga kematian ibu melahirkan.”
Berdasarkan analisis di atas, kata-kata “anemia”, “zat besi”, “hamil”, “janin”, “abortus”, dan “prematur” merupakan istilah dalam bidang kedokteran.

Dengan demikian, istilah atau kata teknis adalah kata-kata yang digunakan pada bidang tertentu.

Semoga membantu, ya. 🙂