Seorang pemuda bernama Ali lahir di keluarga kecil la tinggal bersamanya ibunya sedangkan ayahnya sedang meninggal saat Ali masih bayi. Ia bersekolah di SD Panca Benua di sekitar rumahnya Ali berangkat dengan berjalan kaki dengan teman-temannya. Ali tergolong orang yang pintar banyak orang yang menyukainya karena kebaikannya. Sepulang sekolah ia membantu ibunya bekerja berjualan buah-buahan, rambutan, jeruk dan apel. Pernyataan yang benar dalam teks tersebut yaitu…

Bacalah Teks di bawah ini dengan saksama!

Seorang pemuda bernama Ali lahir di keluarga kecil la tinggal bersamanya ibunya sedangkan ayahnya sedang meninggal saat Ali masih bayi. Ia bersekolah di SD Panca Benua di sekitar rumahnya Ali berangkat dengan berjalan kaki dengan teman-temannya. Ali tergolong orang yang pintar banyak orang yang menyukainya karena kebaikannya. Sepulang sekolah ia membantu ibunya bekerja berjualan buah-buahan, rambutan, jeruk dan apel.

Pernyataan yang benar dalam teks tersebut yaitu…

A Ali membantu ibunya berjualan rambutan saja
B. Banyak orang yang menyukai Ali karena perilakunya yang terpuji
C. Ali berangkat ke sekolah diantar oleh ibunya
D. Karena perbuatannya, banyak orang yang sedikit menyukainya.
E Ali tergolong orang yang sangat pintar

Ikuti pembahasannya yuk.

Informasi penting adalah informasi atau berita yang dibutuhkan pada teks tersebut.

Cara menemukan informasi penting dalam teks adalah sebagai berikut
1. Membacakan keseluruhan teks dengan cermat.
2. Menggarisbawahi poin-poin penting.
3. Menentukan informasi yang dibutuhkan.

Informasi yang sesuai dengan teks di atas adalah ‘Ali tergolong orang yang sangat pintar’ karena Ali pintar jadi banyak orang yang menyukainya, dibuktikan pada kutipan kalimat “Ali tergolong orang yang pintar banyak orang yang menyukainya karena kebaikannya.”

Semoga membantu ya ????