Aku berjalan beriringan bersama Tania menyusuri lorong-lorong pasar. Ia bertanya aku mau kemana aku hanya mengangkat bahu dan berkata “Terserah” Tania tak berkata apa-apa. Kami terus saja berjalan menyusuri Los los pasar hingga kemudian berhenti di toko yang menjual es krim. Dia memandangku tanpa bicara apa-apa. Tentu saja paham apa maksudnya. Kubelikan dia es krim dengan uang yang tadi diberikan Mama. Kami duduk di emperan toko itu sambil menikmati es krim yang baru ku beli Sudut pandang dalam buku fiksi tersebut adalah…

Aku berjalan beriringan bersama Tania menyusuri lorong-lorong pasar. Ia bertanya aku mau kemana aku hanya mengangkat bahu dan berkata “Terserah”

Tania tak berkata apa-apa. Kami terus saja berjalan menyusuri Los los pasar hingga kemudian berhenti di toko yang menjual es krim. Dia memandangku tanpa bicara apa-apa. Tentu saja paham apa maksudnya. Kubelikan dia es krim dengan uang yang tadi diberikan Mama. Kami duduk di emperan toko itu sambil menikmati es krim yang baru ku beli

Sudut pandang dalam buku fiksi tersebut adalah…
a. Orang pertama pelaku tambahan
b. Orang ketiga pelaku tambahan
c. Orang pertama pelaku utama
d. Orang ketiga pelaku utama

Jawaban yang tepat adalah C.

Mari kita simak pembahasan berikut ini ya.

Teks fiksi merupakan sebuah karangan yang berasal dari ide atau gagasan yang berisi kisah-kisah yang tidak sebenarnya (khayalan atau fiktif). Cerita fiksi bersifat rekaan dan merupakan hasil imajinasi penulisnya.

Salah satu jenis sudut pandang teks fiksi ialah sudut pandang orang pertama pelaku utama. Sudut pandang orang pertama pelaku utama, yaitu sudut pandang yang menempatkan pengarang sebagai orang yang terlibat dalam cerita atau tokoh utama dalam cerita. Sudut pandang ini ditandai dengan kata ganti “aku” atau “saya”.

Berdasarkan penjelasan di atas, kutipan teks tersebut menggunakan sudut pandang orang pertama pelaku utama. Hal ini terlihat dari penggunaan kata ganti “aku” sebagai tokoh utama dalam cerita. Hal itu terlihat pada kutipan “Aku berjalan beriringan bersama Tania menyusuri lorong-lorong pasar.”

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.