fbpx
Breaking News

(1) Untuk pertama kali dalam sejarah, Amerika Serikat akhirnya dipimpin juga oleh seorang presiden berjenis kelamin perempuan, ialah Kamala Harris. (2) Wakil presiden pertama perempuan negeri Paman Sam tersebut, secara konstitusional, menjadi presiden pertama perempuan AS pada Jumat, 19 November 2021. (3) Jabatan presiden diemban Harris memang terbilang cukup singkat, yakni hanya selama 85 menit (1 jam 25 menit). (4) Sehingga, bilamana hendak dicatat, maka Harris adalah presiden pertama perempuan, sekaligus presiden dengan masa jabatan tersingkat dalam AS. (5) Perlu diketahui, Harris “terpaksa” menjadi presiden atas penunjukan Joe Biden sendiri. (6) Biden menunjuk Harris mengambil alih kekuasaan melalui surat yang diserahkan langsung ke Kongres Senat karena dirinya harus menjalani pemeriksaan medis rutin dan kolonoskopi yang mewajibkan anestesi (pembiusan) di Walter Reed Medical Center, Washington DC. (7) Tindakan pengalihan kekuasaan dari presiden ke wakil presiden adalah amendemen yang diamanatkan Konstitusi AS yang tertera pada Amendemen Ke-25 yang berbunyi, “Wakil presiden “wajib” melaksanakan tugas presiden manakala sang presiden dinyatakan tidak mampu melayani.” Perbaikan kalimat (7) dapat dilakukan dengan cara?

(1) Untuk pertama kali dalam sejarah, Amerika Serikat akhirnya dipimpin juga oleh seorang presiden berjenis kelamin perempuan, ialah Kamala Harris. (2) Wakil presiden pertama perempuan negeri Paman Sam tersebut, secara konstitusional, menjadi presiden pertama perempuan AS pada Jumat, 19 November 2021. (3) Jabatan presiden diemban Harris memang terbilang cukup singkat, yakni hanya selama 85 menit (1 jam 25 menit). (4) Sehingga, bilamana hendak dicatat, maka Harris adalah presiden pertama perempuan, sekaligus presiden dengan masa jabatan tersingkat dalam AS.

Daftar isi

(5) Perlu diketahui, Harris “terpaksa” menjadi presiden atas penunjukan Joe Biden sendiri. (6) Biden menunjuk Harris mengambil alih kekuasaan melalui surat yang diserahkan langsung ke Kongres Senat karena dirinya harus menjalani pemeriksaan medis rutin dan kolonoskopi yang mewajibkan anestesi (pembiusan) di Walter Reed Medical Center, Washington DC. (7) Tindakan pengalihan kekuasaan dari presiden ke wakil presiden adalah amendemen yang diamanatkan Konstitusi AS yang tertera pada Amendemen Ke-25 yang berbunyi, “Wakil presiden “wajib” melaksanakan tugas presiden manakala sang presiden dinyatakan tidak mampu melayani.”

Perbaikan kalimat (7) dapat dilakukan dengan cara?
(A) Mengubah kata amendemen menjadi amandemen
(B) Mengganti tanda petik (“…”) dalam kata “wajib” menjadi tanda petik tunggal (‘…’)
(C) Menulis kata presiden dan wakil presiden dengan huruf kapital
(D) Menulis kata sang presiden menjadi Sang Presiden
(E) Memindahkan tanda titik (.) di akhir kalimat setelah tanda petik (“…”)

Jawaban soal di atas adalah (B) Mengganti tanda petik (“…”) dalam kata “wajib” menjadi tanda petik tunggal (‘…’)

Untuk memahami alasannya, simak pembahasan berikut.

Keterampilan menulis adalah salah satu keterampilan berbahasa yang memiliki beberapa aturan. Aturan yang paling utama dalam menulis adalah ejaan. Ejaan merupakan aturan yang melambangkan bunyi bahasa menjadi bentuk huruf, kata, serta kalimat. Ejaan juga mengatur penulisan huruf, kata serta penggunaan tanda baca.

Ejaan memiliki sejumlah fungsi penting, di antaranya:
1. Landasan pembakuan bahasa.
2. Landasan pembakuan kosakata atau istilah
3. Penyaring masuknya unsur bahasa lain ke bahasa Indonesia.
4. Membantu pembaca memahami informasi yang dituliskan.

Pedoman ejaan bahasa Indonesia, mengatur:
1. Penulisan huruf kapital.
a. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama unsur nama gelar kehormatan, keturunan, keagamaan, atau akademik yang diikuti nama orang, termasuk gelar akademik yang mengikuti nama orang.
b. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama unsur nama jabatan dan pangkat yang diikuti nama orang atau yang dipakai sebagai pengganti nama orang tertentu, nama instansi, atau nama tempat.
2. Tanda petik tunggal.
a. Tanda petik tunggal dipakai untuk mengapit petikan yang terdapat dalam petikan lain.
b. Tanda petik tunggal dipakai untuk mengapit makna, terjemahan, atau penjelasan kata atau ungkapan.

Sesuai penjelasan tersebut, perbaikan kalimat (7) dilakukan dengan Mengganti tanda petik (“…”) dalam kata “wajib” menjadi tanda petik tunggal (‘…’). Hal ini sesuai dengan peraturan ejaan yang mengatakan petik tunggal dipakai untuk mengapit petikan di dalam petikan. Kata “wajib” pada kalimat tujuh berada di dalam petik ganda “wakil presiden” sehingga penulisan yang tepat seharusnya ‘wajib’.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

Semoga membantu.😊